Business Tips

Mengenal Apa Itu Serviced Office dan Kelebihannya

Temukan kelebihan ruang kerja layanan yang lengkap dengan fasilitas dan pelayanan terbaik. Pelajari lebih apa itu serviced office dan manfaatnya bagi bisnis di Jakarta.

2023-05-01T23:24:54

Image

Rista Fathika

Copywriter




Image

apa itu serviced office

Serviced office kini semakin sering menjadi opsi untuk individu yang memiliki startup atau bisnis kecil. Khususnya di ibu kota, dimana banyak terdapat lokasi usaha strategis. Bermula dari tahun 1960-an, pada saat itu mulai muncul inisiatif untuk membuat kantor.

Fungsinya adalah menunjang aktivitas banyak karyawan. Ketika itu, gedung perkantoran tidaklah semegah masa kini, dimana banyak pencakar langit di kota-kota besar. Dimulai dari 1962 dimana Omni Office dibuat, diikuti pada 1966 yakni Fegen Lawsuit.

Kehadiran kantor yang menunjang berbagai aktivitas seperti ini menjadi solusi untuk banyak bisnis. Banyak pelaku bisnis pemula berhasil mengembangkan usahanya dengan tempat bekerja yang layak dan multifungsi. Selengkapnya mari simak dalam pembahasan berikut:

Apa Itu Serviced Office?

Serviced Office adalah sebuah kantor yang dilengkapi berbagai fasilitas dan dikelola oleh penyedia kantor. Sederhananya, masyarakat bisa menyewa tempat ini untuk kegiatan kantor, baik untuk skala kecil, menengah, hingga besar. Apa yang membedakannya dari kantor biasa?

Kantor tradisional harus disesuaikan struktur organisasinya. Contohnya jika terjadi penambahan karyawan dalam skala besar, tentu tempat harus diperbesar. Sementara itu service office lebih fleksibel.

Sebab, penyewa bisa menentukan waktu sewa dan ukuran tempat sesuai kebutuhan. Kini semakin banyak pemula atau perusahaan yang hendak memperluas bisnisnya menggunakan kantor ini. Ada berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh serviced office, di antaranya:

  • Banyak pilihan lokasi prestisius di berbagai titik Indonesia.
  • Kapasitas ruangan yang beragam, dengan gedung eksklusif yang biayanya terjangkau.
  • Bisa bekerja langsung bersama tim.
  • Akses menghadiri acara networking atau workshop untuk memperluas jaringan dan ilmu.
  • Layanan untuk menjawab telepon.
  • Kuota untuk memakai ruangan rapat.
  • Akses menuju shared office, event space, meeting room, dan sebagainya.

Kelebihan Serviced Office

Bukan tanpa alasan banyak orang memilih jenis kantor ini sebagai tempat untuk menjalankan usahanya secara efektif. Tak dipungkiri jika kehadiran kantor dengan fasilitas memadai dan suasana menyenangkan memiliki korelasi dengan kinerja para karyawan. Apa saja kelebihan menggunakannya?

1. Fasilitas Lengkap yang Disediakan Dalam Serviced Office

Karakteristik utama jenis kantor ini yaitu banyaknya fasilitas yang tersedia. Dengan kelengkapan fasilitas ini, pelaku usaha bisa mengarahkan karyawannya untuk bekerja dengan optimal. Adapun fasilitas yang tersedia antara lain:

  • Virtual office. Kantor yang bisa diakses secara online, memiliki lokasi strategis berupa kawasan bisnis. Ini dapat meningkatkan daya tarik klien terhadap usaha tersebut, apalagi diiringi pelayanan yang baik.
  • Layanan khusus untuk menjawab telepon untuk mempermudah kinerja karyawan. Domisili kantor juga ini dapat dipakai untuk kebutuhan surat-menyurat serta pengiriman paket.
  • Ruangan untuk rapat. Bisa digunakan untuk berdiskusi bersama klien atau karyawan. Tidak perlu menghadapi macetnya jalanan, dan pilihan kapasitas ruangannya juga beragam sesuai kebutuhan.

2. Fleksibilitas Dalam Sewa dan Penggunaan Ruang

Sekarang sudah banyak serviced office Jakarta yang memberikan fleksibilitas terkait pemakaian ruangan serta sistem sewa. Artinya, pelaku usaha dapat menetapkan jenis ruangan seperti apa yang dibutuhkan. Misalnya disesuaikan jumlah karyawan serta space yang diperlukan.

Misalnya suatu hari mengalami perubahan signifikan jumlah karyawan, tentu perlu ada penyesuaian demi efisiensi. Jadi, bisa menyewa kantor lain dalam penyedia sewa yang sama. Tidak terpaku pada satu jenis kantor dalam waktu yang sama layaknya kantor tradisional.

3. Lokasi yang Strategis dan Representatif

Mayoritas lokasi dari kantor serviced ini berada di lokasi strategis dan tentunya representatif. Faktor ini juga penting untuk meningkatkan citra positif dimata konsumen/klien. Sebab, tempat representatif berarti mudah dijangkau dan jelas.

4. Pelayanan dan Dukungan yang Lengkap Dari Penyedia Serviced Office

Dengan memilih penyedia sewa yang tepat, pelaku usaha bisa mendapatkan berbagai jenis dukungan untuk menunjang bisnisnya. Seperti pelayanan terbaik yang memudahkan komunikasi antara pihak sehingga sama-sama lancar.

Jenis-jenis Serviced Office

Seperti yang dijelaskan, keberadaan kantor ini memberikan peluang lebih besar bagi bisnis untuk berkembang. Namun ternyata ada berbagai jenis dari model ruangan di kantor ini. Sebelum menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan, mari cari tahu beberapa jenisnya:

1. Private Office

Sesuai namanya, ruangan ini bersifat pribadi, dimana perusahaan mengelola sendiri manajemennya. Biasanya terletak di pusat bisnis, lebih fleksibel terkait kontraknya daripada kantor konvensional. Fasilitasnya memadai, dengan jaringan internet berkecepatan tinggi yang dibutuhkan banyak model usaha masa kini.

Masa sewanya pendek, bisa 1 hingga 12 bulan sehingga tidak terikat dalam waktu lama. Misalnya perusahaan kurang puas terhadap ketersediaan fasilitasnya, nantinya bisa berpindah setelah kontrak berakhir tanpa menunggu lama.

2. Capsule Office

Tipe selanjutnya adalah capsule office, cocok bagi yang budgetnya terbatas atau sedang mulai merintis sehingga orang yang terlibat masih sedikit. Model kantor ini dilengkapi ruangan yang kecil, sehingga disebut menyerupai kapsul. Capsule office cocok untuk meminimalisir pengeluaran.

Walaupun cukup kecil, namun bukan berarti kurang bagus. Pasalnya, tempat kerja ini menghadirkan fasilitas yang cukup memenuhi kebutuhan kerja mendasar. Konsepnya ekonomis serta minimalis, dengan fasilitas seperti internet, penerimaan surat, jaringan telepon, resepsionis, dan sebagainya.

3. Coworking Space

Ini merupakan tempat untuk bekerja yang terdiri dari beberapa individu sekaligus. Orang-orang berbagi ruangan yang sama, namun tidak harus sama bidangnya. Bisa terdiri dari beragam individu dengan bidang berbeda-beda sehingga terbuka untuk saling berinteraksi.

Ini sangat baik untuk mengembangkan bisnis. Jika berkumpul dengan pelaku usaha yang lain, terbuka lebih lebar kesempatan bekerjasama. Sehingga usaha berpotensi menjadi semakin besar. Pelayanannya pun terdiri dari fasilitas profesional selaku kantor.

Pertimbangan Dalam Memilih Serviced Office

Tidak cukup dengan sekedar memilih serviced office murah saja. Ada berbagai faktor yang perlu menjadi bahan pertimbangan oleh pelaku usaha demi kemajuan bisnisnya. Berikut beberapa hal yang perlu menjadi perhatian:

1. Lokasi

Aspek utama yang perlu diperhatikan yaitu lokasi. Lebih disarankan memilih yang berada di area business center. Sehingga bisa meningkatkan citra sebuah perusahaan. Sebab, perusahaan lebih dianggap berkelas daripada yang lokasinya di pemukiman atau yang sulit dijangkau.

Pastikan kantor ada di lokasi aman, sehingga klien tidak segan untuk datang. Begitu juga dengan keamanan para karyawan yang bekerja berjam-jam, tentu perlu diperhatikan kebutuhannya.

2. Harga

Perhatikan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan penyewaan kantor. Pastikan biaya serta tempat yang ditawarkan sepadan.

Hindari memilih yang jauh dari kebutuhan sehingga menghabiskan terlalu banyak biaya. Pilihlah yang sesuai jenis usaha, jumlah karyawan, dan lainnya sesuai kondisi masing-masing.

3. Fasilitas

Aspek selanjutnya yang penting untuk diperhatikan tentu saja fasilitasnya. Sebab, ini yang dapat menunjang aktivitas kerja selama beberapa bulan bahkan tahun kedepannya. Tidak hanya fasilitas yang terdapat dalam kantor, namun juga sekitarnya.

Sebagai contoh, bila fasilitas pendukung yang ada di sekitar kantor yang memudahkan karyawan mencari makan siang. Atau apotek, bank, dan sebagainya yang bisa diakses dengan cepat. Bisa juga yang dekat restoran tertentu, sehingga bisa mengajak klien bertemu langsung.

Demikian informasi mengenai serviced office for rent yang memiliki beragam kelebihan. Mulai dari lokasi strategis, fasilitas memadai, hingga pilihan jenis beragam seperti capsule, private, hingga co-working. Keberadaannya membantu banyak pelaku usaha pemula hingga menengah untuk memajukan bisnisnya.

Jika Anda sedang mencari kantor atau coworking space yang sesuai dengan kebutuhan Anda, coba cari di Workfrom! Di sana, Anda akan menemukan berbagai pilihan ruang kerja dengan harga dan fasilitas yang beragam.

Selalu ada ruangan untuk setiap pekerjaan dan Anda pasti akan menemukan tempat yang cocok untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan kerja Anda. Jadi, mulailah mencari sekarang dan temukan kantor atau coworking space yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Workfrom!

Image

Rista Fathika

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.