Business Tips
Pentingnya Memilih Workspace Jakarta yang Nyaman dan Fungsional
Kamu freelancer atau pegiat startup dengan tim yang masih sedikit? Manfaatkan coworking space Jakarta agar kerja jadi lebih seru tapi tetap produktif.
2023-03-14T12:42:00

Rista Fathika
Copywriter

Memilih workspace Jakarta sebagai ruang kerja baru, merupakan alternatif yang bagus. Tidak perlu membeli kantor konvensional jika memang minim budget. Terutama bagi pebisnis awal yang masih baru dalam merintis usahanya.
Tapi tidak serta merta asal pilih ruang kerja tersebut. Karena untuk mendapatkan kenyamanan dan fungsionalitas kerja, harus memilih workspace yang tepat. Terlebih lagi ruang tersebut mampu memberikan kesejahteraan karyawan, dan meningkatkan produktivitasnya.
Keberadaan workspace memang sangat penting dalam dunia bisnis. Jika dipilih dengan tepat, bisa menaikkan efisiensi kerja dan memberikan keuntungan lain. Mengenai pemilihan workspace dan keuntungannya, simak penjelasan berikut.
Faktor-faktor Penting dalam Memilih Workspace
Bagi pelaku bisnis tidak bisa asal menentukan workspace bagi para karyawannya. Ada beberapa faktor untuk dipertimbangkan, supaya semua merasakan nyaman dan fungsionalitasnya. Faktor-faktor penting tersebut adalah:
1. Lokasi
Workspace Jakarta sangatlah banyak jumlahnya. Karena itu, pilihlah lokasi yang paling strategis dan memiliki kemudahan akses. Faktor ini paling penting, sebagai upaya meningkatkan efisiensi kerja para karyawan.
Sasaran utama dari strategis adalah dekat dengan berbagai sarana umum. Contohnya penginapan, ruang sakit, maupun restoran. Selain itu, lokasi yang bagus juga dapat diakses oleh transportasi umum dengan mudah.
2. Ukuran
Faktor selanjutnya adalah ukuran. Kenapa ini penting? Sebab seberapa luas ruangan kerja yang dipilih, itu akan mempengaruhi kenyamanan penghuninya. Tentu tidak mungkin jika karyawan ada 20 orang, tapi menempati ruang yang hanya muat 10 orang.
Jadi sebelum memilih workspace terdekat, evaluasi dulu dan sesuaikan dengan kebutuhan. Bisa dengan membandingkan beberapa workspace yang ada. Kemudian masing-masing dari spesifikasi yang diperoleh, sesuaikan dengan jumlah pekerja.
3. Fasilitas
Fasilitas juga menjadi faktor penting saat menyewa workspace. Karena tanpa adanya fasilitas penunjang tersebut, proses kerja tidak akan lancar. Ketika fasilitas yang diperoleh lengkap, produktivitas bisnis pun akan ikut meningkat.
Tiap-tiap ruang kerja yang ada di Jakarta menyediakan fasilitas yang tidak sama. Ini juga bergantung pada paket yang dipilih dalam penyewaan. Contoh beberapa fasilitas kerja yang harus dipenuhi saat memilih workspace yaitu:
- Meja dan kursi.
- Ruang rapat.
- Mesin printer.
- AC.
- Koneksi internet yang cepat.
- Spidol.
- Loker pribadi.
- Pantry dan minuman gratis.
Mungkin tidak semua ruang menyediakan fasilitas tersebut. Tapi mendapatkan workspace dengan fasilitas lengkap haruslah diusahakan. Sebab, ini memberikan pengaruh pada peningkatan kinerja para karyawan.
4. Biaya
Faktor terakhir yang tidak boleh dilupakan dalam memilih workspace rental yaitu biaya. Carilah ruangan yang memang sesuai dengan budget perusahaan. Meski begitu, jangan mengesampingkan soal fasilitas dan keuntungannya.
Ini sangat penting terutama yang masih berada dalam tahap awal membangun startup. Di mana pada saat tersebut, finansial perusahaan masih belum stabil. Sebab itulah, bisa bandingkan beberapa workspace, lalu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget bisnis.
Keuntungan dari Workspace yang Nyaman dan Fungsional
Ada berbagai keuntungan dari memilih workspace Jakarta, yang punya sisi kenyamanan dan fungsional. Bukan hanya berdampak pada internal perusahaan saja, melainkan juga bisa memberikan citra baik pada klien. Berikut ini beberapa keuntungannya:
1. Meningkatkan Produktivitas
Manfaat pertama yang akan diperoleh yaitu meningkatnya produktivitas bisnis. Mengapa demikian? Sebab jika berhasil memilih workspace yang nyaman, pasti para karyawan akan semakin semangat dalam menyelesaikan tugasnya.
Seluruh penghuni kantor juga bisa lebih fokus kerja di workspace. Sebab hal-hal penunjang lain tidak perlu diurus internal perusahaan, seperti tagihan listrik dan kebersihan. Jadi dapat bekerja tanpa memikirkan hal tersebut.
2. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan
Workspace yang nyaman dan fungsional juga bisa meningkatkan kesejahteraan karyawan. Contohnya dengan memilih workspace near me dan strategis. Jika lokasinya mudah diakses, pekerja tidak akan kesulitan dalam menjangkau kantornya.
Selain itu, kesejahteraan karyawan juga ditunjang dengan fasilitas yang diberikan dalam paket workspace yang dipilih. Semakin lengkap fasilitasnya, bertambah pula kenyamanan. Kerja tidak akan terganggu sebab semua sudah tersedia di kantor.
3. Memperbaiki Citra Perusahaan
Keuntungan selanjutnya dengan menyewa workspace yang memberikan kenyamanan dan fungsional adalah memperbaiki citra perusahaan. Ketika klien diberikan ruang yang bagus, pasti merasa dihargai. Ini penting untuk kerja sama jangka panjang.
Setelah citra bagus, otomatis dipandang sebagai perusahaan yang memiliki kredibilitas. Relasi maupun perusahaan lain akan merasa tertarik pada bisnis yang dijalankan. Dampak baiknya, bisa memperlebar bisnis dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.
Pilihan Workspace di Jakarta
Bagi pebisnis di Jakarta, ada berbagai workspace yang dapat dipilih. Tiga di antaranya yang paling sering dicari yaitu co-working space, serviced office, serta virtual office. Berikut dijelaskan ketiganya lengkap dengan biaya dan fasilitas yang diperoleh:
1. Co-working Space
Jenis workspace yang pertama ini paling banyak dipilih oleh startup. Dibanding memilih ruko atau gedung perkantoran, menyewa coworking space dirasa lebih menguntungkan. Sebab tempat kerja ini menawarkan kenyamanan dengan desain modern.
Secara definisi, co-working space merupakan ruang kerja terbuka yang didesain untuk digunakan bersama-sama. Biasanya konsep yang diusung adalah ruang terbuka dengan bilik transparan dan tanpa sekat. Itulah kenapa jenis memberikan peluang networking yang luas.
Soal fasilitas, tentu penyewa mendapatkan berbagai alat kantor lengkap dengan meja kursi. Disediakan pula area komunal dan ruang meeting yang lebih privasi. Seperti halnya workspace di Jakarta Selatan yang ada di Mega Kuningan, yakni Gowork.
Lokasi tersebut memiliki luas hingga 2000 m². Terdapat empat buah meeting room dengan kapasitas 4 hingga 10 peserta. Kalau soal biaya sewa, disesuaikan dengan paket pilihan. Contohnya ingin menggunakan private room dengan harga Rp2.800.000/bulan.
2. Serviced Office
Pilihan workspace Jakarta selanjutnya adalah serviced office atau biasa dikenal private office. Kantor ini biasa terletak di pusat bisnis dan berada di gedung tinggi. Konsepnya lebih privasi, tidak seperti co-working space yang dipakai bersama-sama.
Untuk fasilitas yang diterima mencakup maintenance, resepsionis, kebersihan, serta listrik. Didapatkan pula ruang meeting dan free parking yang luas. Biasanya, serviced office dapat disewa 6—12 bulan dengan biaya Rp5.000.000/pax/bulan.
3. Virtual Office
Jenis virtual office adalah kantor yang tidak memiliki ruangan kerja khusus. Biasanya digunakan bagi bisnis dalam bidang konsultan dan teknologi yang memungkinkan bertemu banyak orang. Meski begitu, tetap dapat fasilitas lengkap.
Virtual office memberikan fasilitas seperti pantry, ruang meeting, keamanan, proyektor, papan tulis dan lainnya. Harga sewa kantor ini bervariasi. Rata-rata di daerah Jakarta 6—15 juta/tahun.
Tips Memilih Workspace yang Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis Anda
Sebelum memilih workspace Jakarta, penting melakukan evaluasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Evaluasi tersebut dilakukan menyeluruh dengan melihat banyak faktor. Berikut diberikan tipsnya:
- Pilih workspace yang lokasinya strategis.
- Pastikan tempatnya dapat diakses transportasi umum dan tidak jauh dari pusat kota.
- Pilih yang ukurannya nyaman dan sesuai jumlah pekerja.
- Lihat fasilitas yang diberikan masing-masing workspace.
- Sesuaikan antara biaya, fasilitas, dan benefit yang diterima.
Setelah membaca penjelasan tersebut, mulai pertimbangkan untuk memilih workspace Jakarta guna memenuhi kebutuhan bisnis. Workspace office yang tepat akan memberikan kenyamanan dan fungsionalitas. Dampaknya pada perusahaan yaitu meningkatkan produktivitas dan keberhasilan bisnis.

Rista Fathika
Copywriter
Artikel Serupa
Business Tips
Diskusi Lebih Nyaman dengan Interior Ruang Rapat Minimalis
Business Tips
5 Meeting Room Hotel Terbaik di Jakarta untuk Acara Bisnis
Business Tips
Mengenal Jenis-jenis Meeting Room dan Fungsinya dalam Bisnis
Business Tips
Rapat Lebih Nyaman: 5 Meeting Room Restaurant Terbaik Jakarta
Business Tips
Apa itu Virtual Office? Berikut Cara Kerja dan Contohnya
Kategori
Elevate Your Online Presence Now!
Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales.
Talk to an Expert
Talk with Us and Find the Ideal Strategy
We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Free Consultation

Website Design Preferences

Marketing Strategy Discussion
Office Phone
+62 21 39730083
Office Address
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

+62 21 39730083