Lifestyle

6 Keuntungan Bekerja di Coworking Space Untuk Startup Founder

Munculnya startup-startup baru di berbagai industri ini membuat coworking space semakin dikenal dan bermunculan, terutama di kota-kota besar di Indonesia.

2023-02-23T12:58:43

Image

Angelin Lu Prahsia

Copywriter




Image

bekerja di coworking space

Seiring berkembang pesatnya kemajuan di dunia startup, membuat banyak sekali kemunculan startup – startup baru di Indonesia. Munculnya startup-startup baru di berbagai industri ini membuat coworking space semakin dikenal & bermunculan, terutama di kota-kota besar di Indonesia. Istilah bekerja di coworking space menjadi salah satu ungkapan yang tidak asing lagi bagi para startup founder.

Baca: Apa itu Coworking Space?

Lalu, apa sih keuntungan bekerja di coworking space bagi startup founder? Apa saja keuntungan kerja di coworking space dibanding kantor konvesional? Nah, setidaknya ada 6 keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika bekerja di coworking space, terutama untuk kalian para startup founder.

6 Keuntungan Bekerja di Coworking Space

Berikut adalah keuntungan-keuntungan yang bisa para startup founder dapatkan dengan bekerja di coworking space.

1. Harga Yang Sangat Terjangkau

Masalah harga menjadi salah satu keuntungan dan manfaat yang didapatkan jika bekerja di coworking space, apalagi jika dibandingkan dengan harga sewa kantor konvesional pada umumnya. Coworking space adalah tempat kerja yang menggunakan prinsip economy sharing. Otomatis, harga pun menjadi sangat terjangkau di coworking space. Contohnya saja di 101 Space, startup founder dapat memulai bekerja hanya dengan Rp 75.000/hari!

Apalagi startup-startup yang baru, pastinya membutuhkan tempat kerja yang terjangkau karena anggaran startup sering kali sangat terbatas. Memilih coworking space untuk tempat bekerja bagi founder startup merupakan langkah yang sangat tepat.

2. Networking

Ada manfaat lain selain harga terjangkau yang sebetulnya hanya bisa didapatkan dengan bekerja di coworking space, yaitu networking. Salah satu kunci untuk startup sukses adalah memiliki dan membangun networking yang luas. Dengan networking, bisa jadi masalah-masalah startup yang kalian hadapi dapat terselesaikan bahkan bisa juga sampai membuat kolaborasi-kolaborasi baru!

Kalian dapat bertemu dengan founder – founder startup lainnya di coworking space. Tidak hanya startup founder saja, namun kalian dapat melakukan networking dengan berbagai latar belakang profesi. Seperti freelancer, blogger, hingga consultant.

3. Gaya Hidup Yang Seimbang

Bekerja di kantor konvesional pada umumnya identik dengan ‘stress’ ataupun ‘hidup gak sehat’. Hampir sebagian waktunya dihabiskan untuk duduk ditempat kerja & hanya fokus bekerja saja. Berbeda dengan bekerja di coworking space yang memiliki konsep open-space untuk meningkatkan interaksi antar sesama member. Dimana para member didalamnya dapat dengan mudah untuk bersosialisasi dengan orang – orang baru yang berlatar belakang berbeda.

Selain itu, di coworking space juga sering kali mengadakan event – event internal untuk melepaskan stress dan penat. Dan juga sering adanya seminar atau workshop yang dapat meningkatkan skill & pengetahuan bagi para member, terutama untuk startup founder yang diharuskan memiliki pengetahuan yang luas.

4. Suasana Yang Fun!

Pada umumnya, di kantor konvesional identik dengan suasana yang ‘formal‘ alias ‘kaku‘. Suasana seperti itu bisa jadi membuat para karyawan menjadi semakin tertekan. Namun, di coworking space justru sebaliknya! coworking space memiliki suasana yang ‘cozy‘ dan juga fun.

Beberapa coworking space di Jakarta memiliki fasilitas Play Room yang menyediakan Playstation 4, Arcade Game, bahkan ada juga Billiard dan Ping Pong. Suasana tersebut dapat membuat member di dalamnya dapat dengan mudah rileks saat suntuk dan memulai bekerja lagi dengan pikiran yang lebih tenang. Berpikir pun semakin rileks & produktivitas pun bisa meningkat!

5. Lebih Santai Untuk Bekerja

Bekerja di kota – kota besar biasanya identik dengan ‘kemacetan’ yang gak banget bukan? Pagi – pagi harus bangun dan menghadapi kemacetan. Apalagi bagi kalian yang memiliki tempat tinggal dan kantor yang berjauhan banget. Bisa jadi sebelum masuk kantor, kondisi tubuh udah lelah & stress duluan.

Dengan bekerja di coworking space, kalian dapat bekerja lebih ‘fleksibel’. Jadi, kalian dapat memilih tempat kerja yang menurut kalian lebih dekat dari tempat kalian saat itu.

6. Komunitas

Dengan menjadi member di coworking space, kalian sudah otomatis masuk ke dalam komunitas! Dimana komunitas tersebut dapat membantu memperluas networking kalian. Juga dengan bergabung ke dalam komunitas, kalian akan akan dapat mengikuti acara internal bersama komunitas & juga mengetahui acara seputar dunia startup. Komunitas-komunitas tersebut contohnya adalah Komunitas Startup Jakarta & Komunitas Startup Tangerang.

Image

Angelin Lu Prahsia

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.