Lifestyle

Perhatikan 4 Tips Ini untuk Networking di Coworking Space

Membangun networking adalah salah satu hal yang dibutuhkan agar bisa menambah informasi-informasi terkini dan pengalaman yang pernah di alami seseorang dalam membangun bisnisnya. Lalu, bagaimana membangun networking yang tepat di lingkungan Coworking Space?

2023-02-28T12:43:20

Image

Angelin Lu Prahsia

Copywriter




Image

Sejak tahun 2014, coworking space atau ruang kerja bersama mulai booming di Indonesia. Saat itu, di Jakarta dan Bali muncul beberapa coworking space dengan lingkungan yang sangat nyaman dan tentunya bisa mengumpulkan berbagai macam orang untuk satu tujuan, yaitu mengembangkan bisnis atau bekerja.

Sekarang jumlahnya sudah mencapai puluhan atau bahkan ratusan jika digabungkan di seluruh Indonesia. Dengan menjamurnya coworking ini, tentu Anda harus mengambil manfaat dari situ.

4 Tips Penting dalam Networking di Coworking Space

Salah satu manfaat penting dari coworking space adalah networking. Bayangkan Anda berada di tengah-tengah orang dengan passion yang sama, pengalaman yang berbeda-beda, dan tentunya mereka semua mempunyai peluang kerja sama yang sangat besar. Tetapi sebelum Anda melakukan networking di coworking space, Anda harus melihat beberapa tips di bawah ini.

Berbicara mengenai bisnis dan pengalaman

Hal pertama yang harus Anda lihat ketika berada di coworking space adalah mengerti bahwa semua orang di dalam sana merupakan pebisnis. Mereka tentu tahu peluang bekerja sama sangat besar, tetapi Anda tidak perlu terburu-buru yang nantinya bisa berefek buruk. Jadi, Anda harus bersikap friendly terlebih dahulu. Usahakan Anda mengerti bagaimana bisnis yang dia jalankan, kemudian pengalaman apa yang bisa Anda bagi.

Sebelum masuk ke dalam inti bisnis, yaitu bekerja sama, Anda lebih baik menjalin komunikasi terlebih dahulu. Terlalu cepat melakukan prospek bakal membuat proses dari networking gagal dilakukan.

Menawarkan sesuai kebutuhan

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menawarkan sesuai kebutuhan. Di dalam coworking space, Anda akan melihat puluhan pekerja dengan sejuta masalah. Bisa berupa masalah kurangnya programmer, web designer, atau bahkan marketing. Dari situ Anda harus mengerti apa sebenarnya kekurangan mereka. Kemudian Anda bisa menawarkan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan selama ini.

Misalnya ada startup membutuhkan desainer, Anda bisa menawarkan jasa tersebut dengan imbalan yang berbeda dan tidak selalu uang. Tawarkan kebutuhan Anda, seperti marketing atau hal lain sesuai dengan tingkat kemampuan mereka.

Baca juga: 5 Cara Membangun Networking Startup Yang Tepat Untuk Founder Startup

Share pengalaman

Di dalam sebuah ruang kerja bersama, Anda akan menemukan perusahaan dengan segudang pengalaman yang tak terkira. Begitu juga sebaliknya, Anda tentu membawa jutaan pengalaman yang mungkin tidak banyak orang tahu.

Dari situ Anda bisa share pengalaman dan menggali sedalam-dalam mengenai dunia bisnis. Sebagai informasi, di dalam sebuah ruang kerja bersama masalah yang Anda hadapi kemungkinan juga sudah pernah dialami oleh pebisnis lain. Jadi, networking di dalam coworking space adalah hal yang utama.

Tunjukkan passion Anda

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menunjukkan seberapa besar passion yang Anda miliki. Ketika Anda mempunyai sebuah bisnis, hal yang wajib Anda lakukan adalah melakukan promosi besar-besaran terhadap produk Anda. Dengan begitu, lawan bicara akan mengerti bahwa Anda memang memiliki passion yang sangat kuat sehingga Anda akan diingat dan mungkin mendapat tawaran untuk bekerja sama di masa depan.

Dalam artikel ini, kami telah membagikan 4 tips penting untuk membantu Anda membangun jaringan profesional Anda di coworking space. Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda akan dapat memaksimalkan pengalaman bekerja di coworking space dan memperluas jaringan Anda dengan cara yang efektif.

Image

Angelin Lu Prahsia

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.