Office Space

Coworking Space, Atasi Keterbatasan Ruang Kerja Bersama

Pelajari bagaimana konsep coworking space membantu mengatasi tantangan ruang kerja bersama yang terbatas dan mendorong produktivitas.

2023-08-11T07:14:17

Image

Atalya

Copywriter




Image

Menempati ruang kerja bersama merupakan sesuatu yang lumrah pada era digitalisasi seperti sekarang. Artinya, pekerja tidak harus bertempat di lokasi yang sama. Melainkan semakin fleksibel dengan ketersediaan ruangan untuk bekerja bersama, disebut juga coworking space.

Akan tetapi, mencari tempat yang sesuai sebagai coworking space tidak sekadar menyediakan meja kursi sebagai tempat bekerja. Hal yang penting di sini adalah menciptakan keseimbangan tempat dimana orang-orang berbagi untuk bekerja.

Masalah yang sering terjadi berkaitan dengan coworking space adalah keterbatasannya. Mulai dari distraksi, kurangnya jarak antar pekerja untuk beraktivitas dengan leluasa, minim privasi, ekspektasi beragam, hingga mengatur flow dalam bekerja. Bisakah mengatasi keterbatasan tersebut?

Definisi Coworking Space

Sebelum membahas bagaimana mengatasi keterbatasan dalam coworking ruang kerja bersama, mari mengenal definisinya terlebih dahulu. Sehingga dapat mendapatkan gambaran yang lebih jelas terkait apa sebenarnya coworking space.

1. Pengertian Coworking Space

Coworking space merupakan tempat berkumpulnya individu-individu dengan pekerjaan hingga bisnis yang berbeda. Kata “coworking” sendiri bermakna kerja sama, bisa juga dimaknai sebagai kolaborasi. Artinya, orang-orang berada dalam tempat yang sama untuk melakukan pekerjaannya masing-masing.

Umumnya ruang kerja bersama ini menggunakan konsep transparency, dimana individu dapat aktif berinteraksi. Selain itu juga dilengkapi suasana yang memadai untuk meningkatkan semangat dan produktifitas dalam bekerja. Sebisa mungkin para individu dibuat nyaman agar efektif bekerja.

2. Perbedaan Antara Coworking Space dengan Ruang Kerja Tradisional

Saat ini semakin banyak tempat yang memungkinkan untuk dijadikan ruang bekerja. Sebagai contoh, cukup mudah menemukan cafe dengan meja lebar, stop kontak, WiFi, dan fasilitas pendukung lainnya.

Sehingga, tidak jarang pengunjung datang membawa laptopnya dan bekerja di sana dalam waktu lama. Namun, tidak lantas semua tempat yang memiliki hal-hal itu merupakan coworking space ideal. Sebab, ada kemungkinan gangguan misalnya distraksi hingga minim privasi.

Keuntungan Penggunaan Coworking Space

Ada berbagai kelebihan dari ruang kerja bersama yang membuatnya menjadi pilihan banyak orang untuk menyelesaikan pekerjaannya. Jadi, tidak hanya individu bekerja namun juga pelajar yang memerlukan ruang nyaman untuk bekerja. Apa saja keuntungan yang ditawarkannya?

1. Fleksibilitas Ruang Kerja

Keunggulan utama yang ditawarkan coworking space adalah fleksibilitasnya. Di ruang kerja bersama, orang-orang bisa memilih dengan leluasa baik tempat duduk, tatanan meja, dan sebagainya. Selain itu juga menghadirkan suasana berbeda dari biasanya agar tidak jenuh bahkan menghadirkan inspirasi.

2. Lingkungan Kerja yang Kolaboratif

Bekerja di coworking space memiliki keunggulan berupa lingkungannya yang bersifat kolaboratif. Artinya, ada kemungkinan untuk bertemu banyak orang dengan latar pekerjaan yang berbeda. Tidak jarang, terjadi interaksi yang kolaboratif sesuai bidangnya masing-masing.

Artinya, ada kesempatan melakukan interaksi yang positif untuk perkembangan diri maupun pekerjaan. Baik yang berjalan lancar maupun tidak, pertemuan dengan orang baru seringkali mengajarkan hal baru, membuka perspektif, wawasan, serta kemampuan bersosialisasi.

3. Aksesibilitas dan Fasilitas yang Disediakan

Aksesibilitas coworking space membuatnya banyak dicari oleh orang-orang yang jenuh dengan lingkungan kerjanya sehari-hari. Artinya, lokasi tersebut cukup mudah dijangkau dengan berbagai sistem transportasi. Keterjangkauan ini berkaitan dengan biaya, waktu, serta usaha berpindah tempat.

Ruang kerja bersama juga umumnya menyediakan fasilitas yang cukup untuk menunjang kebutuhan pekerjaan. Sebab, tempat ini memang didesain untuk membantu para pengunjungnya untuk mempermudah pengerjaan tugasnya. Kembali lagi ini tergantung ke pemilihan coworking space dengan fasilitas yang kualitasnya terjaga.

4. Potensi Networking dan Peluang Bisnis

Pertemuan dengan orang-orang dari latar pekerjaan yang berbeda (maupun sama) di coworking space membuka kesempatan networking dan komunitas. Terhubung dengan orang baru selalu mengajarkan sesuatu, yang tidak dirasa cocok sekalipun. Networking tidak melulu tentang bisnis.

Melainkan juga kesempatan untuk melihat dunia lebih luas, dari sudut pandang orang-orang yang berbeda. Bahkan tidak jarang berbuah pada peluang bisnis baru jika bertemu orang profesional atau calon klien dengan bidang dan visi yang sejalan.

Mengatasi Keterbatasan Ruang Kerja Bersama Melalui Coworking Space

Sebelumnya telah dibahas berbagai keuntungan memilih coworking space. Hal ini berkaitan dengan permasalahan di ruangan untuk bekerja bersama yang dibahas di awal. Misalnya ruang kerja kantor yang dirasa membuat jenuh atau dirasa tidak mencukupi kebutuhan untuk bekerja dengan nyaman.

Atau masalah lain seperti kurangnya privasi di ruang kerja karyawan, sering muncul distraksi, dan sebagainya. Mengapa coworking space dapat menjadi solusi?

1. Penyediaan Variasi Ruang Kerja

Ruang kerja yang tersedia dalam sebuah coworking space lebih bervariasi. Semua memiliki karakteristik serta kelengkapan fasilitas yang berbeda, dimana pengunjung dapat memilih yang sesuai kebutuhannya. Dengan variasi ini, akan menjauhkan seseorang dari rasa bosan berkepanjangan.

Ini bisa menjadi solusi untuk berbagai masalah, terutama yang ingin terjaga privasinya. Begitu juga yang memiliki beragam ekspektasi, bisa menyesuaikan dengan ketersediaan akses ruangan yang beragam. Misalnya sudah mencoba berbagai ruangan sehingga kedepannya tahu mana yang lebih efisien untuk bekerja.

2. Menerapkan Teknologi Terkini untuk Pengaturan Ruang

Alternatif solusi berikutnya untuk mengatasi keterbatasan di ruang kerja bersama berkaitan dengan teknologi terkini. Tidak semua tempat kerja menerapkan teknologi yang cukup untuk menunjang aktivitas bekerja. Padahal, peran teknologi di era ini sangat penting agar tidak tertinggal.

Dengan mengunjungi coworking space, ketersediaan teknologi sudah tidak diragukan lagi. Pengunjung dapat mengoptimalkan pekerjaannya dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Kemudian berkaitan dengan pengaturan ruang, biasanya di tempat kerja atau institusi pendidikan sudah tertata sedemikian rupa.

Apabila merasa jenuh, tidak ada salahnya untuk menyewa ruangan yang ada di coworking space. Pengaturan ruangannya sangat mempertimbangkan kenyamanan dalam bekerja, dengan suasana yang tidak membosankan. Sangat sesuai khususnya untuk kawula muda yang mudah terdistraksi.

3. Mengoptimalkan Penggunaan Ruang Secara Efisien

Mengoptimalkan pemakaian ruang adalah solusi untuk menghadapi keterbatasan dalam ruangan tersebut. Misalnya ruang kerja kantor minimalis yang mejanya agak kecil, maka bisa mengurangi kepenuhan meja.

Caranya dengan menata meja tersebut agar tampak lebih luas dan lega sehingga nyaman untuk bekerja. Selain mengatasi penuhnya meja, membuat pekerja lebih terbiasa untuk mengatur mejanya dengan benda yang benar-benar diperlukan saja.

4. Mengelola Kapasitas Ruang dengan Baik

Jika merasakan banyak keterbatasan dalam sebuah ruangan untuk bekerja, maka kapasitas ruangan tersebut bisa dikelola lebih efektif. Contohnya mengubah tata letak meja kursi, atau mengganti cat tembok dengan warna yang membuat ruangannya tampak luas.

Begitu juga dengan penempatan jumlah orang dalam satu ruangan, bisa disesuaikan lagi sehingga tidak terlalu penuh. Solusi lainnya adalah bekerja di coworking space, dimana kapasitas ruangannya beragam. Pekerja dapat memilih sendiri kapasitas yang dibutuhkan agar dapat melakukan tugasnya dengan aman dan efisien.

Demikian pembahasan seputar ruang kerja bersama, yang bukan saja menyediakan tempat namun juga atmosfer yang mendukung. Harapannya, semua orang dapat bekerja sesuai dengan kapasitas dan tuntutan pekerjaannya masing-masing. Tidak jarang pula justru menghasilkan inspirasi tak terduga.

Cari coworking space yang sesuai dengan kriteria Anda melalui Workfrom sekarang.

Image

Atalya

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.