Lifestyle

5 Alasan Anda Harus Coba Kerja di Coworking Space

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa coba untuk kerja di coworking space yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

2023-02-26T12:07:25

Image

Angelin Lu Prahsia

Copywriter




Image

kerja di coworking space

Coworking space atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai ruang kerja bersama, semakin hari semakin terkenal di masyarakat. Penggunaan coworking space sebagai ruang kerja pun semakin menjamur. Hal ini kemudian meningkatkan keberadaan ruang kerja bersama di kota-kota besar. Terbukti pada tahun 2018, tercatat peningkatannya mencapai 400%. 

Kehadiran ruang kerja bersama ini menjadi peluang tersendiri bagi para pekerja, terutama pekerja lepas (freelancer) dan pelaku start up yang ingin mengembangkan diri tanpa harus bermodal besar untuk membeli atau menyewa gedung untuk kantor. Di samping itu, ruang kerja bersama memberikan alasan menarik tersendiri yang membuat Anda harus mencoba untuk bekerja di sana, di antaranya adalah;

Kebebasan dan Fleksibilitas

Dengan kerja di coworking space, Anda memiliki kebebasan tersendiri untuk mengerjakan pekerjaan. Anda yang tidak terikat dengan jam kantor pun dapat menentukan sendiri durasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

Tidak bekerja di kantor pun memberikan kebebasan lain kepada Anda karena tidak terikat dengan peraturan yang kaku dan membatasi. Tidak ada seragam khusus yang perlu Anda kenakan, Anda bisa memakai pakaian favorit Anda yang nyaman dan meningkatkan semangat kerja. 

Kebebasan dan fleksibilitas yang ditawarkan saat bekerja di coworking dapat memberikan pengaruh positif untuk Anda dengan memicu kreativitas yang dapat meningkatkan produktivitas dan menghemat waktu sehingga pekerjaan dapat lebih cepat selesai. 

Nyaman dan Tenang

Saat ini, tidak sedikit pekerja yang mengerjakan pekerjaannya di luar kantor dengan mendatangi kedai kopi atau kafe untuk mendapatkan suasana baru. Namun sayangnya, tempat-tempat tersebut tidak memberikan suasana yang kondusif untuk bekerja. Mereka terlalu ramai dan cukup berisik sehingga menganggu fokus dan konsentrasi saat menyelesaikan pekerjaan. 

Berbeda dengan coworking space yang memang didesain untuk bekerja. Namun, suasana yang dihadirkan pun tidak kaku dan membosankan seperti kantor kebanyakan. Lengkap dengan, desain interior yang menarik serta kekinian sehingga cukup segar dang membuat Anda nyaman dalam bekerja.  Selain itu ruang kerja bersama juga menerapkan open space agar bisa mudah berinteraksi dengan sesama pekerja lainnya.

Tersedia berbagai jenis ruangan pun cocok untuk kebutuhan Anda. Anda bisa memilih tempat duduk terbaik yang cocok untuk cara kerja Anda, apakah menginginkan suasana yang lebih tenang dengan memilih ruangan yang lebih privat atau Anda yang menyukai pemandangan kota untuk menyegarkan pikiran selagi mengerjakan tugas, Anda bisa memilih kursi yang beada di dekat jendela. 

Fasilitas Lengkap 

Layaknya kantor, ruang kerja bersama juga menghadirkan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh para pekerja. Contohnya, fasilitas yang menopang produktivitas seperti koneksi internet yang cepat dan stabil. Lebih dari itu, tersedia ruang istirahat untuk Anda yang sudah lelah dan penat dengan pekerjaan.

Jika ingin menyegarkan pikiran dengan secangkir teh atau kopi, Anda pun dapat menikmatinya di pantry. Tidak lupa, tentu saja juga terdapat ruang pertemuan yang dilengkapi peralatan penunjangnya seperti LCD, mikrofon, mesin cetak dan fotokopi. Ditambah lagi event space untuk menopang berbagai jenis acara seperti diskusi dan workshop

Baca juga: 5 Fasilitas yang Wajib Ada di Coworking Space

Memperluas Koneksi

Berbeda dengan bekerja di kantor, Anda yang bekerja di coworking space akan bertemu dengan banyak orang yang berasal dari perusahaan yang berbeda dengan profesi dan latar belakang yang juga beragam. Hal ini menjadi kesempatan yang tidak boleh dilewatkan karena bisa memperluas koneksi. Anda bisa saling berkenalan dengan pekerja lainnya dan saling berbagi informasi, pengalaman maupun berkolaborasi untuk mengerjakan sebuah proyek.

Anda pun dapat memperluas koneksi Anda melalui perkenalan semacam ini, selain mendapatkan peluang lebih untuk mengembangkan diri. Beberapa ruang kerja bersama bahkan memberikan peluang bagi startup lainnya untuk bertemu dengan investor atau sesama startup lainnya, seperti acara incubator, diskusi, speed dating, dan yang lainnya. Namun, perlu diingat Anda harus menjadi pribadi yang terbuka dan inisiatif untuk bisa seperti itu. Jangan ragu untuk menyapa pekerja lainnya yang berada di sekitar. 

Baca juga: Perhatikan 4 Tips Ini untuk Networking di Coworking Space

Bisa Lebih Produktif

Keuntungan lainnya yaitu membuat Anda menjadi lebih produktif dibandingkan bekerja di ruang kantor yang biasa. Tidak dapat dipungkiri, proses kreatif yang dilakukan pastinya bisa mengalir lebih cepat ketika suasana di sekitar Anda bekerja lebih nyaman. Interior yang bagus, fasilitas penunjang yang mumpuni, hingga kemudahan dalam memperluas koneksi bisa membuat Anda menghasilkan produktivitas tinggi dan bisa sebagai cara mengatasi masalah di kantor yang tentunya sangat menguntungkan untuk karier Anda juga.

Demikianlah lima alasan mengapa Anda harus mencoba bekerja di coworking space. Semoga artikel ini mampu mencerahkan Anda yang merindukan suasana yang segar dalam bekerja. Selamat mencoba.

Image

Angelin Lu Prahsia

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.