Business Tips

Diskusi Lebih Nyaman dengan Interior Ruang Rapat Minimalis

Optimalkan diskusi dalam rapat dengan desain interior ruang rapat minimalis yang nyaman dan fungsional.

2023-10-05T12:40:20

Image

Rista Fathika

Copywriter




Image

Dalam setiap bidang usaha, selalu ada pertemuan yang dinamakan rapat untuk membahas berbagai hal. Ruang rapat minimalis bisa menjadi solusi tepat untuk menghadirkan kenyamanan dalam berdiskusi. Apalagi kini semakin banyak kantor sewa yang memberikan kemudahan.

Lain halnya dengan kantor konvensional, kini dengan banyaknya penyedia sewa kantor banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Fasilitasnya lebih beragam, seperti meeting room, bilik telepon, teknologi multimedia, area hiburan, keamanan ganda, bahkan pantry.

Tak dipungkiri, kenyamanan ruangan diskusi berkaitan dengan seperti apa interior dan konsep yang diterapkan. Ini dapat menunjang diskusi yang lebih nyaman untuk berbagi pemikiran. Salah satu yang banyak digunakan pada era modern ini adalah model minimalis.

Rapat merupakan aspek krusial yang perlu diperhatikan secara khusus. Sebab, pada momen tersebutlah karyawan berkesempatan mengemukakan pikiran, menyampaikan permasalahan, dan banyak lainnya. Sehingga, bisa mengarah pada output yang bermanfaat untuk perusahaan.

Konsep Interior Ruang Rapat Minimalis

Membicarakan soal konsep, tidak banyak orang menyadari bahwa ruangan yang terkonsep memiliki dampak cukup signifikan terhadap aktivitas rapat. Pada era modern seperti ini, semakin banyak kalangan muda tertarik dengan konsep minimalis.

Bukan saja untuk hunian, namun juga ruangan untuk rapat/meeting yang merupakan aktivitas wajib dunia kerja. Karakteristik ruangan yang minimalis menggunakan warna dominan putih. Perpaduan warna putih menghadirkan kesan bersih dan menenangkan.

Dinding yang berwarna lembut, ditambah perabotan berwarna kontras namun netral seperti coklat, hitam, atau abu-abu menghadirkan kesan adem. Konsepnya adalah menghadirkan suasana ruangan yang lebih luas sehingga orang-orang merasa lebih lapang dan tidak terjebak.

Dominasi nuansa putih ditambah dekorasi seperti tanaman hias, vas bunga, lukisan sederhana, atau jam dinding. Pengaturan ini bermanfaat untuk membantu banyak orang yang terlibat untuk berpikir lebih jernih.

Desain Interior Ruang Rapat Minimalis

Prinsip dasar yang digunakan untuk ruangan meeting dengan desain minimalis adalah menghindari hal-hal yang tidak diperlukan. Fokus ditujukan untuk menyiapkan perlengkapan, termasuk interior yang memang memiliki nilai fungsi terhadap pertemuan tersebut.

Selain melakukan penataan ruangan yang bersih dan tertata, beberapa elemen penting yang wajib ada di ruang meeting. Elemen yang dimaksud adalah desain serta fitur urangan rapat sehingga tidak menegangkan dan memberikan rasa nyaman.

Dengan begitu, proses diskusi bisa dimaksimalkan karena banyak orang dapat menjernihkan pikirannya. Ada berbagai desain ruang rapat minimalis yang dapat dijadikan bahan pertimbangan, seperti berikut ini:

1. Ruangan Santai dan Homey

Desain Ruang Meeting yang nyaman dan santai

Nuansa homey yaitu perasaan seperti ada di tempat yang aman dan nyaman untuk berkembang secara optimal. Layaknya tempat tinggal untuk beristirahat, di model ruangan rapat ini para peserta bisa memaksimalkan performanya didukung suasana memadai.

Untuk memunculkan kesan santai, banyak startup menggunakan desain ini. dimana semua bagian kantor memakai elemen kayu untuk meja panjang. Begitu juga kesan vintage di dinding, sehingga tidak terkesan kaku.

Interior yang digunakan dalam ruang rapat minimalis pun sesuai kebutuhan, tidak berlebih ataupun kekurangan, namun seefisien mungkin. Misalnya smart TV untuk menampilkan presentasi, kursi, pendingin ruangan, dan lampu.

2. Ruangan Rapat Seperti Ruang Keluarga

Desain Ruang Meeting yang nyaman seperti ruang keluarga

Desain ruang meeting minimalis ini dimaksudkan untuk mendekatkan para peserta rapat. Penggunaan meja serta kursi ala perkantoran diganti meja rendah, serta sofa empuk. Rasanya seperti berkumpul bersama keluarga dan membicarakan banyak hal dengan nyaman.

Itulah yang ingin ditampilkan oleh desain ruangan ruang rapat kantor ini. Saat ini semakin banyak yang menyadari bahwa perasaan aman, terbuka, dan diterima sangat penting. Bukan semata-mata membuat semuanya seformal mungkin, namun juga bagaimana mengoptimalkan fungsi ruangan.

Meski minimalis, ada style tersendiri yang dijamin membuat sesi rapatnya bertambah seru. Bagian dinding pun bisa dimanfaatkan menjadi media tulis. Sangat praktis sehingga pekerjaan dan diskusi bisa tetap berjalan lancar dengan upaya minim.

3. Ruangan Rapat dengan Dinding Atraktif

Desain Ruang Meeting yang nyaman dan kreatif

Walaupun mengusung konsep minimalis, bukan berarti tidak boleh ada bagian yang mencolok. Misalnya ruangan yang minimalis ditambah satu bagian dinding yang terlihat atraktif dengan gambar-gambar tertentu.

Ini bisa menambah semangat para peserta rapat karena tidak jenuh di situasi yang itu-itu saja. Tidak begitu formal, namun inspiratif dan meningkatkan jiwa kreatif para peserta. Tentunya tetap nampak profesional disertai meja kursi yang nyaman untuk membantu produktivitas rapat.

4. Ruangan Rapat Bernuansa Putih

Desain Ruang Meeting yang nyaman bernuansa putih

Ini merupakan desain yang paling sering digunakan untuk penggemar konsep minimalis. Dimana seluruh ruangan didominasi warna putih sehingga terkesan luas dan lebih bersih. Tentunya ditambah interior dan dekorasi tertentu dengan warna-warna menyegarkan, misalnya hijau dan coklat.

Jadi, bukan berarti asal minimalis, melainkan juga mengutamakan fungsional dari ruangan tersebut. Konsep modern sekaligus sederhana ini meningkatkan kesadaran bahwa tidak perlu berpikir terlalu rumit. Intinya adalah fokus pada hal-hal yang memang sungguh-sungguh esensial.

Keuntungan Menggunakan Interior Ruang Rapat Minimalis

Dulu kerap kali ada anggapan bahwa ruangan minimalis cenderung sempit dan pelit perabotan. Padahal, asalkan tahu cara tepat untuk mengaturnya, justru daerah yang minimalis unggul dalam menghadirkan perasaan positif. Berikut beberapa keuntungan:

1. Ruangan Terasa Cozy

Interior minimalis efektif untuk meningkatkan perasaan nyaman untuk melaksanakan diskusi. Ruangan penuh dengan benda justru membuat pikiran lebih bingung karena banyak yang harus diperhatikan. Pikiran akan bisa lebih fokus, jika tidak banyak benda di sekeliling.

2. Keteraturan

Ruangan dengan ukuran kecil serta benda terbatas tentunya lebih mudah untuk dibersihkan dan ditata. Barang-barang sesuai keperluan akan memudahkan orang-orang di dalamnya untuk memperhatikan mana yang sungguh-sungguh penting pada saat rapat.

3. Biaya

Biaya yang diperlukan untuk ruangan dengan desain minimalis akan bisa dihemat daripada ruang dengan banyak barang. Dengan begitu, akan terbiasa untuk memikirkan mana yang sungguh-sungguh penting untuk kelangsungan rapat.

Tips Memilih Interior Ruang Rapat Minimalis yang Tepat

Sebagai pelaku usaha, penting untuk memilih ruangan seperti apa yang dapat membantu kelancaran jalannya rapat. Baik yang melibatkan banyak orang atau hanya sedikit, suasana ruangan sangat berpengaruh terhadap kondisi rapat tersebut.

Akan tetapi, tidak lantas asal mencari ruang rapat kantor minimalis. Yang terpenting adalah menyesuaikan dengan seperti apa kebutuhan perusahaan tersebut. Sesuai dengan konsepnya, minimalis bermakna apa yang benar-benar diperlukan. Berikut beberapa tips untuk memilih interior ruang rapat kantor:

  • Memperhatikan pencahayaan serta penghawaan. Faktor pencahayaan penting karena dapat membantu para peserta mengamati dokumen terkait rapat dengan jelas. Begitu juga penghawaan, jika udaranya sejuk dengan suhu pas tentu lebih nyaman bagi tubuh.
  • Memilih material furniture. Pastikan memilih ruangan untuk rapat yang furniturnya nyaman, terutama kursi serta meja. Sebab rapat bisa memakan waktu hingga berjam-jam.
  • Peralatan memadai. Desain ruang rapat kantor tidak hanya mementingkan keindahan, namun juga fungsi alat-alatnya. Bukan memastikan alat selengkap mungkin, namun seperti apa alat yang efektif untuk membantu kelancaran diskusi.

Demikian informasi tentang ruang rapat kantor minimalis yang bisa menjadi pertimbangan para pelaku bisnis demi kelancaran usahanya. Ada banyak manfaat, terutama karena manusia merupakan makhluk visual. Secara tidak langsung, suasana ruangan amat mempengaruhi suasana hati dan kondisi pikiran.

Para peserta diskusi bisa lebih berfokus terhadap apa yang didiskusikan, dan terbuka pikirannya untuk memunculkan berbagai masukan. Sehingga, dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas.

Jika Anda sedang mencari ruang rapat atau meeting room yang sesuai dengan kebutuhan , coba cari di Workfrom! Di sana, Anda akan menemukan berbagai pilihan meeting room dengan harga dan fasilitas yang beragam.

Workfrom juga menyediakan pilihan ruangan antor atau coworking space untuk setiap pekerjaan dan Anda pasti akan menemukan tempat yang cocok untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan kerja Anda. Jadi, mulailah mencari sekarang dan temukan kantor, coworking space, atau meeting room yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Workfrom!

Image

Rista Fathika

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.