Business Tips

Intip 7 Desain Ruang Kantor Minimalis Pendongkrak Semangat Kerja

Ciptakan suasana kerja yang nyaman dan lebih produktif dengan 7 inspirasi desain ruang kantor minimalis yang modern dan inspiratif.

2023-10-03T13:10:29

Image

Rista Fathika

Copywriter




Image

Membuat desain ruang kantor minimalis saat ini makin digemari. Desain tersebut penting bagi lingkungan kerja. Karena konsep yang sederhana dan nyaman bisa membangkitkan semangat para karyawan. Dampak positifnya sendiri adalah semakin meningkatkan produktivitas kerja.

Bahkan sekarang sudah banyak yang meninggalkan desain lama. Konsep-konsep industrial dianggap terlalu kaku dan monoton. Karenanya memilih beralih ke inspirasi desain ruang kantor kecil minimalis yang lebih mudah ditata ulang. Suasananya juga lebih nyaman untuk bekerja.

Ada beberapa contoh konsep minimalis untuk ruang di kantor yang bisa jadi rekomendasi. Seperti desain yang pakai warna-warna cerah, palet monokrom, co-working space, dan lainnya. Berikut penjelasan masing-masing desainnya.

Mengenal Konsep Desain Kantor Minimalis

Bagaimana sebenarnya desain ruang kantor minimalis? Ini adalah konsep interior yang menampilkan kesederhanaan dan lebih mengedepankan fungsi. Ciri khasnya yaitu tidak banyak warna maupun furniture yang digunakan, sehingga tampak lebih rapi.

Untuk palet warna sebenarnya ada banyak pilihan. Tapi desain minimalis lebih simpel dengan menggunakan warna-warna seperti krem, hitam, abu-abu, maupun putih. Meskipun ada juga yang memakai tone cerah.

Walaupun simpel, ruangan kantor minimalis tidak selalu terpaku pada kesederhanaan. Karena tetap bisa dikombinasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan fungsional. Tujuannya agar karyawan semakin semangat dan bisa produktif.

Banyaknya perusahaan yang beralih ke desain ini karena ada berbagai keuntungan yang diperoleh. Kelebihan dari ruang kerja yang dibuat minimalis yaitu:

  • Fungsionalitas barang lebih tertata. Konsep minimalis selalu memilih barang dengan mengedepankan fungsi. Jadi tidak ada utilitas yang hanya dijadikan dekorasi saja. Melainkan semua bisa dimaksimalkan penggunaannya.
  • Memberi kesan bersih. Karena tidak banyak jumlah barang, kantor pun lebih rapi dan terlihat bersih. Ini berguna untuk membuat pikiran karyawan lebih fresh. Selanjutnya bisa memunculkan ide-ide kreatif.
  • Ruangan terasa luas. Ruang kantor yang dibuat minimalis akan menghadirkan kesan lega, meski ukurannya tidak terlalu luas. Kalaupun ingin menata ulang lebih mudah karena tidak banyak furniture.
  • Hemat biaya. Memiliki ruangan yang simpel tidak perlu rekrut banyak petugas kebersihan. Hal tersebut akan menghemat anggaran kantor, termasuk untuk perawatan. Apalagi jika perusahaan sudah menggunakan sistem paperless.
  • Menambah kerja sama tim. Kebanyakan desain minimalis mengusung konsep ruangan terbuka. Karenanya para karyawan lebih leluasa melakukan komunikasi dan diskusi.

Contoh Desain Kantor Minimalis yang Membangkitkan Semangat Kerja

Sebenarnya ada banyak desain ruang kantor minimalis yang dapat dijajal. Tapi di sini akan direkomendasikan 7 konsep yang nyaman untuk bekerja. Lihat uraiannya berikut:

1. Desain Kantor Minimalis: Muda dan Segar

Rekomendasi pertama adalah memilihkan warna-warna muda untuk area ruang kerja. Kalau biasanya hanya putih polos, bisa menjajal konsep ini. Tone cerah terbukti bisa meningkatkan konsentrasi para karyawan.

Contoh pilihan warnanya adalah hijau yang akan memberikan energi lebih agar bisa produktif. Tone ini juga memberikan ketenangan dan kenyamanan pada mata. Sebagai penyeimbang, bisa mengkombinasikan dengan putih hitam di beberapa furniture.

Pilihan warna muda lainnya yaitu kuning dan biru. Keduanya diklaim dapat meningkatkan kerja otak. Tone seperti ini juga mempengaruhi mood, yang mana harus tetap baik selama berada di kantor.

Gaya Skandinavia sederhana dengan warna muda dan segar bisa jadi rekomendasi. Tapi di sini harus menambah beberapa unit penyimpanan. Ruangan dijamin rapi dan tertata, sehingga saat mencari barang atau file lebih mudah ditemukan.

2. Desain Khas StartUp

Kursi kerja yang modern dan ergonomis membuat Anda nyaman bekerja. Foto: Pinterest

Desain ruang kerja minimalis selanjutnya yang biasa digunakan perusahaan startup. Untuk bisnis rintisan memang tidak banyak penggubahan yang perlu dilakukan. Asal kantor bisa menimbulkan suasana cozy yang menyenangkan, terutama bagi para milenial.

Gorden krem di sisi meja kerja jadi pilihan yang bagus sebagai jalan masuknya cahaya. Penggunaan rak di atas meja yang menempel di dinding juga menghemat space. Karena mengusung konsep minimalis, jumlah utilitas juga tidak banyak.

Antara dua ruang dapat dipisah dengan sekat seperti rak. Untuk ruang rapat dibuat lebih privasi dan memilihkan furniture modern. Contoh kursi ergonomis yang nyaman untuk kerja.

3. Desain Co-Working Space

Pilih furnitur yang menarik hingga benar-benar menyerupai kafe sesungguhnya. Foto: Pinterest

Contoh inspirasi desain kantor minimalis ketiga yaitu coworking space. Sesuai namanya, kantor didesain terbuka dan dapat digunakan secara bersamaan. Tidak banyaknya ornamen membuat suasanan kantor yang mungil lebih rapi dan tidak sumpek.

Ada banyak konsep yang bisa diusung untuk desain ruangan coworking space. Salah satu yang favorit yaitu mendesainnya seperti cafe. Jadi, meskipun seharian berada di kantor, karyawan akan merasa sedang bekerja di cafe.

Cara mendesainnya yaitu membagi beberapa tim kerja. Masing-masing tim ditempatkan pada satu meja panjang dan tidak dipisah tempatnya dengan tim lain. Kalaupun ingin ruang privasi, bisa menggunakan partisi dari kaca.

4. Desain dengan Unsur Alam

Unsur alam dapat ditonjolkan dalam ruangan kantor seperti penggunaan kayu dan tanaman. Foto: Pinterest

Bukan lagi zamannya kalau kantor memiliki nuansa menegangkan. Malah konsep seperti itu bisa membuat karyawan merasa tertekan. Karenanya, coba desain interior kantor minimalis satu ini.

Membawa unsur alam ke ruang kantor yang minimalis akan memberikan nuansa tenang. Contohnya menggunakan furnitur berbahan kayu alami agar lebih menarik. Jangan lupa tempatkan tanaman di beberapa sudut agar para karyawan merasa lebih sejuk.

Antara dalam dan luar ruangan dipisah dengan kaca besar, sehingga terasa menyatu dengan alam. Penggunaan cat dinding putih tulang bisa menambah kenyamanan. Jadi secara tidak langsung desain ini akan menjernihkan pikiran dan memunculkan gagasan baru.

5. Desain Playful

Ruang kantor yang playful juga bisa diciptakan dengan sofa-sofa empuk. Foto: Pinterest

Kalau bosan dengan nuansa ruang kantor yang itu-itu saja, coba beralih ke konsep unik dan menarik ini. Desain playful dengan warna-warna ceria diyakini meningkatkan semangat kerja karyawan. Untuk menjaga kesan minimalis, tidak perlu pakai banyak tone.

Ruangan dapat dicat dengan warna putih. Kemudian siapkan satu space berwarna hijau tua yang digunakan memajang hiasan. Dekorasi tersebut berada tepat di atas meja panjang yang menempel ke dinding.

Karena desainnya playful, bisa menggunakan furnitur sederhana dengan warna kontras. Contohnya sofa empuk berwarna oranye. Alat-alat kantor dibuat portable agar saat menata ulang lebih mudah.

6. Desain Full Monokrom

Konsep monokrom adalah salah satu desain ruang kantor minimalis yang banyak dipilih. Penggunaan dua warna hitam dan putih memang paling pas di skema monokromatik. Dekorasinya dibuat sederhana tanpa perlu khawatir ada tone yang bentrok.

Penerapannya bisa dimulai mengecat area kerja dengan warna putih. Tone tersebut akan menciptakan kesan ruangan yang luas. Lalu untuk aksen tambahan dan furnitur bisa menggunakan warna hitam sehingga menciptakan keselarasan dalam ruang.

7. Desain Elegan dan Mewah

Rekomendasi terakhir adalah mendesain ruang kantor dengan konsep minimalis, tapi tetap elegan dan mewah. Di sini juga sama, yakni interiornya tidak banyak dan simpel. Tapi pemilihan warna-warna silver membuatnya terlihat mewah.

Penempatan ruang yang paling disenangi adalah meja kerja menghadap jendela. Jadi saat lelah bekerja bisa menikmati pemandangan di luar kantor. Agar tidak membosankan, dapat menempatkan dua kursi berwarna cerah.

Itulah rekomendasi desain ruang kantor minimalis. Konsep ini sangat mendukung kesuksesan perusahaan. Sebab desain yang simpel dan rapi bisa menambah semangat kerja. Jadi bagi siapa saja, mulailah memperhatikan penataan ruang, terutama untuk karyawan. Karena lingkungan kerja yang bagus, membuat semua orang pun jadi semangat sehingga karyawan bisa produktif dan memiliki ide-ide baru.

Jika Anda sedang mencari kantor atau coworking space yang sesuai dengan kebutuhan Anda, coba cari di Workfrom! Di sana, Anda akan menemukan berbagai pilihan ruang kerja dengan harga dan fasilitas yang beragam.

Selalu ada ruangan untuk setiap pekerjaan dan Anda pasti akan menemukan tempat yang cocok untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan kerja Anda. Jadi, mulailah mencari sekarang dan temukan kantor atau coworking space yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Workfrom!

Booking Sekarang!

Image

Rista Fathika

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.