Office Space

Berapa Kisaran Harga Sewa Ruang Kantor?

Pelajari faktor-faktor yang memengaruhi harga sewa serta pertimbangan penting dalam menentukan ruang kantor yang sesuai dengan anggaran bisnis Anda.

2023-06-24T19:29:34

Image

Atalya

Copywriter




Image

Kota besar dikenal akan tren mobilitas kerjanya yang tinggi, misalnya pekerja kantoran. Terlebih, saat ini, tahun 2023, harga sewa ruang kantor semakin terjangkau sehingga dapat digunakan sebagai solusi efisien dalam bekerja. Penyewaan kantor semakin banyak permintaan karena dapat menghemat biaya.

Kisaran harga sewa ruang kantor, terutama di business tower di pusat bisnis kota, sangat bervariasi tergantung pada lokasi, fasilitas, dan ukuran ruangan yang tersedia. Ruang kantor yang sudah fully furnished dengan ruang meeting space dan meeting room dapat memengaruhi harga sewa. Selain itu, adanya opsi virtual office juga dapat meningkatkan biaya sewa.

Mengingat tingginya harga sewa kantor, perlu pertimbangan matang. Lain halnya dengan menyewa ruangan yang dikhususkan sebagai kantor. Karena itulah penting untuk mencari tahu terlebih dahulu kisaran harga sewanya. Sehingga dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Dengan budget yang terbatas, harus mengenali dengan baik kebutuhan kerja dan memilih ruangan yang tepat untuk menunjang aktivitasnya. Begitu juga meski budgetnya lumayan pun, tetap perlu menyesuaikan kebutuhan agar tidak mubazir dan dananya bisa dipakai untuk keperluan kerja lainnya.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Sewa Ruang Kantor

Sebelum mencari tahu kisaran harga untuk menyewa ruang kantor, penting untuk diketahui bahwa hal ini dipengaruhi berbagai faktor. Jadi, tidak asal mencari sewa kantor murah saja, melainkan harus tahu seperti apa kondisi yang didapatkan dengan harga tertentu.

Harga sewa gedung kantor di Jakarta memang mahal, sehingga solusi yang banyak dicari pelaku usaha sekarang adalah menyewa ruangan. Ruangan yang nyaman dan mendukung ekosistem kerja, sehingga dapat mengimprovisasi produktivitas. Lantas, apa saja yang berpengaruh terhadap harga sewanya?

1. Lokasi Geografis

Faktor utama yang perlu diperhatikan adalah lokasi geografis tempat yang akan disewa. Lokasi termasuk pertimbangan utama, karena berkaitan dengan kepercayaan dari klien/konsumen dan fleksibilitas para pekerja.

Misalnya jika memilih daerah yang merupakan pusat kota, tentu lebih mudah menjangkau kebutuhan. Seperti tempat makan, bank, pusat perbelanjaan, transportasi umum, dan lain-lain.

Namun ini belum tentu diperlukan oleh kantor lainnya, karena itu bisa disesuaikan kebutuhan. Berikut hal yang perlu diperhatikan:

  • Perbedaan harga sewa antara daerah pusat kota, pinggiran kota, dan area perkotaan lainnya, tergantung kondisi sekitarnya. Ruang kantor yang terletak di pusat bisa dijangkau banyak orang dan dekat dengan fasilitas umum yang memudahkan karyawan.
  • Faktor-faktor lingkungan seperti kepadatan populasi, aksesibilitas, dan infrastruktur. Daerah yang aksesnya mudah, dengan ramai orang serta infrastruktur yang berkualitas memiliki harga sewa lebih tinggi pula.

2. Luas Ruang dan Tipe Ruangan

Harga sewa ruang kantor juga berkaitan dengan tipe serta luas dari sebuah ruangan. Kebutuhan akan ukuran ruangan ini bisa berbeda-beda tergantung seberapa banyak orang yang menggunakannya. Pertimbangkan hal-hal ini dari awal:

  • Harga sewa yang berbeda berdasarkan luas ruang kantor yang disewa. Jika ingin keleluasaan, maka ruang berukuran besar bisa dipilih. Namun ada juga yang perlu banyak diskusi dan kerja tim secara berdekatan, sehingga tidak perlu ruangan yang terlalu besar.
  • Perbedaan harga antara ruang terbuka atau ruang kantor dengan partisi atau private room. Harga sewa ruang kantor akan berbeda tergantung tipe ruangannya, apakah outdoor, indoor, private. Pertimbangkan masing-masing keuntungannya dengan melihatnya satu per satu sebelum menyewa.

3. Fasilitas dan Pelayanan

Setiap orang yang menyewa ruang kantor tentu menginginkan kualitas sepadan dengan biaya yang dikeluarkannya. Lebih baik lagi jika dengan harga terjangkau bisa mendapatkan fasilitas cukup memadai untuk menunjang pekerjaan kantor.

Begitu juga pelayanan dari pihak penyewa yang ramah, interaktif, dan dapat dipercaya. Sebelum memutuskan ingin menyewa ruangan yang seperti apa, coba amati beberapa aspek berikut ini:

  • Keberadaan fasilitas tambahan seperti parkir, ruang rapat, kantin, atau area rekreasi. Ketersediaan fasilitas tersebut bisa meningkatkan kenyamanan para karyawan dalam bekerja. Parkir lebih mudah, rapat terasa nyaman, bila lapar atau haus bisa segera ke kantin, dan lain-lain.
  • Kualitas pelayanan dan fasilitas pendukung seperti keamanan, kebersihan, atau fasilitas teknologi. Tidak lupa bagian penting yang wajib ada seperti keamanan karena berkaitan dengan semua orang dalam kantor. Begitu juga kebersihan yang erat kaitannya dengan kesehatan sebagai tameng penyakit.

Perbandingan Harga Sewa Ruang Kantor di Berbagai Lokasi

Bagi yang belum pernah menyewa ruang kantor sebelumnya, mungkin belum dapat memperkirakan harga sewanya. Untuk membantu pertimbangan, perlu ada referensi tentang harga di berbagai tempat. Berikut adalah kisaran harga sewa ruang kantor di Jakarta dan kota-kota besar lainnya:

1. Jakarta

Saat ini persewaan ruang kantor paling banyak ditemukan di ibu kota, sekaligus pusat industri dan bisnis. Banyak gedung yang disewakan untuk kantor, dengan aturan semakin strategis wilayahnya, maka harganya akan lebih mahal.

Misalnya di wilayah CBD, pusat bisnis dengan banyak gedung dan ruangan yang disewakan untuk perkantoran. Berhubung lokasinya strategis, harga sewa cukup mahal, mulai 175 ribu sampai 300 ribu per meter persegi setiap tahun.

Sudah mencakup fasilitas berupa keamanan, listrik, jaringan listrik, dan lain-lain. Penawaran harga tersebut adalah serviced office. Biasanya ada juga biaya perawatan rutin. Jadi, kembali lagi patokannya adalah seberapa strategis kawasan tersebut.

2. Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar kedua Indonesia, dengan berbagai kawasan bisnis yang bonafide. Contohnya Basuki Rahmad, yang banyak tersedia gedung maupun ruko untuk disewakan sebagai kantor. Umumnya sudah mencakup fasilitas seperti ruangan ber-AC< toilet bersih, telepon, listrik, dan sebagainya.

Semakin besar lantai atau ruangan yang disewa, harganya akan semakin mahal. Biayanya mulai dari 5 jutaan, wajar untuk wilayah strategis. Sebab tidak hanya memerlukan fasilitas memadai, perusahaan memerlukan lokasi bonafide agar kepercayaan konsumen, klien, atau investor lebih tinggi.

Pertimbangan Penting dalam Memilih Ruang Kantor

Harga sewa gedung kantor terbilang cukup mahal, namun belum tentu demikian jika hanya menyewa ruangannya saja. Alternatif ini lebih menguntungkan, karena tidak harus langsung menyewa satu gedung.

Dengan memanfaatkan satu bagiannya saja, bisa merasakan seperti apa suasananya. Barulah setelah itu dapat memutuskan apakah tetap memakai ruangan tersebut atau ingin mengganti dengan yang lain. Sebelum menjatuhkan pilihan, pertimbangkan hal-hal ini:

  • Menentukan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Anggaran adalah bahan bakar utama. Sebelum memutuskan kriteria ruangan seperti apa yang akan digunakan, pastikan jumlah anggaran yang akan dialokasikan. Barulah mencari persewaan yang sesuai anggaran tersebut.
  • Mengidentifikasi fasilitas dan layanan yang penting dan relevan. Harga sewa ruang kantor berlainan, tergantung kelengkapan fasilitas. Tidak perlu berlebihan, asalkan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Lakukan perencanaan sejak awal terkait fasilitas yang diperlukan.
  • Mengevaluasi lokasi strategis dan aksesibilitas untuk keperluan bisnis. Pertimbangkan lokasi tempat serta aksesibilitasnya. Ini tidak hanya berpengaruh pada kenyamanan para pekerja, namun juga meningkatkan rasa percaya dari klien. Bagi Anda yang ingin sewa kantor di Jakarta, bisa pilih lokasi di Jakarta Selatan (Sudirman), atau Jakarta Pusat (Menteng).

Tips untuk Menemukan Penawaran Terbaik

Jika sudah memutuskan hendak menyewa ruang kantor, lakukan penawaran untuk mendapatkan hasil optimal. Penawaran ini bisa dilakukan dengan riset, sehingga tidak terburu-buru memilih kemudian menyesali harganya.

  • Melakukan riset pasar untuk mengetahui kisaran harga sewa yang wajar. Harga sewa properti ruang kantor tentu berbeda meski berada di wilayah yang sama. Karena itulah perlu riset di berbagai tempat dengan pertimbangan kelengkapan fasilitas dan kualitas pelayanan.
  • Membandingkan harga / tarif sewa dari berbagai penyedia atau agen real estate. Gali informasi harga dari agen, karena ada kemungkinan bisa negosiasi lebih banyak.
  • Memperhatikan penawaran diskon, promo, atau paket khusus yang tersedia. Sesuaikan timing transaksi sewa dengan ketersediaan diskon maupun paket di masa tertentu.

Demikian informasi seputar harga sewa ruang kantor, hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menyewa, dan tips relevan lainnya. Mulai dengan menyiapkan anggaran, kemudian mencari tempat yang sesuai kebutuhan serta efisiensi kerja perusahaan. Usahakan lokasinya strategis agar semakin terpercaya.

Untuk informasi yang terpercaya tentang tips menyewa kantor, Workfrom punya jawabannya!

Image

Atalya

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.