Lifestyle

5 Cara Agar Kerja Remote Lebih Efektif

Kerja remote efektif bisa dilakukan dengan manajemen waktu yang teratur dan menjaga komunikasi antar anggota perusahaan. Simak langkah-langkahnya di sini.

2023-05-26T11:46:02

Image

Angelin Lu Prahsia

Copywriter




Image

Kerja remote merupakan istilah yang diberikan kepada seseorang yang bekerja dari jarak jauh saat WFH (Work From Home). Kerja remote tidak mengharuskan Anda selalu datang ke kantor. Anda bisa bekerja dari rumah, café, restoran, coworking space, luar kota, atau bahkan luar negeri. Kerja remote ini menjadi salah satu hal yang sangat mungkin terjadi karena adanya dukungan teknologi digital yang menghubungkan semua orang melalui internet. Dengan internet, pekerjaan kantor, meeting, dan berkolaborasi bersama pegawai lain menjadi sangat mungkin dilakukan dari mana saja.

Bagaimana Cara Kerja Remote yang Efektif?

Kendati demikian, kerja remote juga ada tantangannya. Salah satunya adalah penerimaan sistem kerja jarak jauh yang belum bisa diterima oleh seluruh karyawan. Penolakan ini bisa jadi karena masih banyak yang menganggap kerja remote tidak seefektif kerja di kantor pagi hingga petang. Untuk mengatasinya, Anda perlu lakukan hal-hal di bawah ini.

1. Mengendalikan Diri

Pengendalian diri adalah kunci penting agar kerja remote yang Anda lakukan berhasil. Terlebih, kerja remote tidak ada bos atau karyawan yang mengawasi kerja Anda. Ini bisa menjadikan diri terlena dan tidak fokus dengan pekerjaan. Oleh sebab itu, Anda harus membuat rencana pekerjaan yang akan diselesaikan dalam satu hari. Gunakan ini sebagai patokan dan ‘paksa’ diri sendiri untuk mencapai semua rencana yang sudah dibuat. Jika tidak, Anda bisa gagal menyelesaikan pekerjaan di hari tersebut.  

2. Kemampuan Manajemen Waktu

Kerja remote membebaskan Anda mengatur kapan waktu untuk bekerja dan waktu untuk bersantai atau berkumpul bersama keluarga. Namun, bukan berarti itu kebebasan yang benar-benar bebas. Ada kemampuan untuk memanajemen waktu di dalamnya agar pekerjaan dan kepentingan pribadi bisa terselesaikan. Anda juga harus mempertimbangkan alokasi waktu untuk melakukan hal-hal lain seperti membeli kebutuhan rumah tangga, memperbaiki mobil, berolahraga, dan sebagainya. Saat Anda sudah memiliki rencana dan pembagian waktu, lakukan seperti yang sudah direncanakan. 

3. Ketepatan Deadline

Masalah yang ditakutkan karyawan kantoran saat harus bekerja dengan orang yang bekerja remote adalah deadline yang tidak ditepati. Misalnya saja Anda sudah berjanji untuk mengirimkan hasil pekerjaan di hari Jumat. Namun karena merasa tenggat waktu masih jauh dan tidak ada atasan yang mengawasi, Anda menunda untuk mengerjakannya hingga deadline tiba. Ini merupakan contoh buruk yang membuat kerja remote jadi tidak efektif. Sebaiknya, cicil pengerjaan tugas sebelum mepet dengan deadline. 

4. Update Perkembangan Teknologi

Bekerja dari jauh sangat mengandalkan kecanggihan teknologi. Anda sudah pasti butuh tools dan aplikasi yang bisa menghubungkan dengan orang lain di tempat yang berbeda. Kolaborasi jarak jauh ini sangat memungkinkan jika Anda mampu bekerja dengan baik menggunakan Dropbox, Google Drive, Google Hangout, email, Skype, dan aplikasi lain yang bisa menghubungkan banyak orang dari tempat-tempat yang berbeda. Jika Anda tidak ‘melek’ teknologi, maka kerja remote sulit untuk dilakukan. 

5. Menjaga Komunikasi

Kemampuan untuk menyampaikan pesan secara efektif dari jarak jauh adalah skill penting yang dibutuhkan oleh pekerja remote. Anda harus mampu memberikan pesan yang efektif dan bisa dipahami oleh orang yang dituju melalui platform atau yang menghubungkan. Karena bekerja remote tentu saja Anda tidak bisa secara langsung mengatakan maksud Anda ke orang lain. Komunikasi harus dilakukan melalui aplikasi chatting atau telepon dan keterbatasan akan meminta Anda menyampaikan pesan seefektif mungkin.

Bukan hal sulit untuk mewujudkan kerja remote yang efektif. Anda hanya harus memiliki kontrol diri yang tinggi dan kemampuan manajemen waktu. Jangan lupa juga untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Anda melalui pesan atau telepon. Jika semua kemampuan ini sudah dimiliki, Anda bisa kerja di mana saja dan kapan saja entah itu berada di rumah, coworking space, hingga coffee shop. Selamat mencoba!

Apakah Anda sedang mencari tempat kerja yang nyaman seperti coworking space? Workfrom hadir untuk membantu Anda menemukan coworking space yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Kami menawarkan beragam pilihan coworking space yang sesuai dengan gaya kerja Anda, mulai dari ruang terbuka hingga ruang pribadi yang nyaman. Dapatkan ruangan sekarang!

Image

Angelin Lu Prahsia

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.