Office Space

Manfaat Lain Coworking Space, Bukan Hanya Untuk Bekerja

Lebih dari sekadar tempat bekerja, pelajari lebih lanjut bagaimana manfaat coworking space dalam meningkatkan produktivitas.

2023-08-17T07:36:19

Image

Atalya

Copywriter




Image

Kenyamanan dalam bekerja semakin diprioritaskan, salah satunya kehadiran coworking space. Manfaat coworking space cukup beragam, terutama untuk kebutuhan kerja. Banyak orang yang merasa jenuh dengan tempatnya bekerja kemudian menyewa gedung atau tempat lain untuk mencari suasana baru.

Pada era dimana banyak pekerjaan tidak harus dilakukan di kantor seperti sekarang, perkembangan coworking space semakin pesat. Tempat ini dikhususkan untuk menghadirkan kenyamanan dalam melakukan pekerjaan. Umumnya, lingkungan tersebut sudah dilengkapi fasilitas memadai.

Namun ternyata fungsi ruangan kerja tersebut tidak hanya terkait pekerjaan. Tinggal bagaimana pengunjung mengoptimalkan fungsi ruangannya dengan baik. Contohnya untuk sekedar membaca buku dengan ketenangan, memperluas jaringan, dan sebagainya. Selengkapnya mari simak di sini:

Kolaborasi dan Jaringan Sosial bagi Pekerja

Coworking space artinya ruangan untuk bekerja bersama. Sebagai ruang kerja bersama, tentu tidak digunakan sendirian. Ada kesempatan untuk bertemu orang lain dengan berbagai latar belakang pendidikan serta pekerjaan. Bukan tidak mungkin manfaat coworking space mengarah pada kolaborasi.

1. Keuntungan dari Berbagi Ide dan Pengetahuan dengan Profesional dari Berbagai Bidang

Berbagai individu dari berbagai bidang bisa bertemu di ruang kerja bersama. Di sinilah dapat terjadi pertukaran ide, pengetahuan baru, serta perspektif profesional yang mungkin tidak diketahui sebelumnya. Interaksi ini bagus untuk memperluas wawasan dan kemampuan bersosialisasi.

2. Meningkatkan Peluang untuk Terlibat dalam Kolaborasi Proyek yang Menarik

Membangun sebuah jaringan profesional seringkali terjadi begitu saja, tidak selalu memerlukan perencanaan matang. Misalnya dengan mengunjungi ruang kerja bersama dimana banyak orang berkesempatan untuk berbagi tentang pekerjaannya. Manfaat coworking space erat salah satunya adalah peluang kolaborasi.

Baik dari bidang yang sama ataupun berbeda, setiap interaksi memiliki sesuatu yang dapat diambil sebagai pembelajaran. Bahkan ketidakcocokan pun bisa membuahkan buah pemikiran yang baru. Karena itulah tidak jarang orang yang bekerja di sini terlibat dalam kolaborasi proyek menarik.

3. Memperluas Jaringan Sosial dan Profesional untuk Meningkatkan Peluang Karier dan Bisnis

Dalam berbisnis, fleksibilitas seseorang dalam mengamati situasi dan mengoptimalkan peluang diperlukan. Misalnya saat berada di ruang kerja bersama, pelaku usaha tersebut dapat memperluas jaringan sosialnya secara profesional. Mungkin saja justru menemukan peluang karier serta bisnis yang potensial untuk ditindaklanjuti.

Lingkungan Kreatif yang Inspiratif dan Produktif

Tidak perlu bingung mencari tempat untuk bekerja sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Cukup banyak sewa coworking space murah yang memiliki atmosfer nyaman. Sehingga dapat membantu otak untuk berkonsentrasi dan lebih kreatif dalam beraktivitas. Apalagi manfaat coworking space sangat banyak.

1. Bagaimana Coworking Space Menciptakan Atmosfer yang Kreatif dan Inovatif

Sejatinya tujuan utama coworking space adalah menghadirkan kenyamanan dalam bekerja, sehingga tidak jenuh dan inspiratif. Hal ini dilakukan dengan memperhatikan lingkungan kerja sedemikian rupa. Misalnya penataan meja dibuat nyaman dan luas, atau menambah ornamen tertentu yang menenangkan perasaan.

Banyak detail kecil di ruangan kerja bersama atau shared office space yang secara tidak langsung memberikan stimulus pada otak agar lebih rileks. Sehingga tidak sulit untuk berkonsentrasi, menghadirkan ide-ide yang segar dan memproyeksikannya apakah bisa diterapkan untuk pekerjaan tersebut.

Ruangan yang tersedia di coworking space juga dibuat nampak luas, sehingga tidak mengganggu mata dengan pemandangan tidak perlu. Kesan bersih dan luas membuat otak lebih mampu fokus dan tidak terdistraksi oleh gangguan sekitar.

2. Mengapa Lingkungan yang Merangsang Kreativitas Dapat Meningkatkan Produktivitas

Dimana orang bekerja memegang peran penting terhadap performa serta kreativitas kerja. Otak memiliki koneksi yang erat dengan lingkungan sekitar, sehingga memunculkan respons tertentu. Bisa dibayangkan jika tempat kerjanya membosankan, dengan atmosfer yang membuat mengantuk atau tertekan.

Kinerja otak biasanya menjadi kurang optimal, sebab perhatiannya terpecah ke gangguan atau distraksi di sekitarnya. Tidak ada salahnya sesekali membawa pekerjaan ke tempat yang dirancang khusus untuk bekerja. Ini manfaat coworking space yang membuatnya semakin diminati.

Fasilitas dan Layanan Pendukung

Orang-orang yang bekerja secara WFA dapat melakukan tugasnya dari berbagai tempat. Beruntung kini ada ruang kerja bersama, hadir sebagai alternatif baru yang lebih mendukung kebutuhan bekerja. Mulai dari fasilitas hingga layanan, semuanya berperan dalam membangun efisiensi kerja.

1. Fasilitas Modern dan Infrastruktur yang Ditawarkan Oleh Coworking Space

Manfaat coworking space yang mudah ditemukan adalah ketersediaan fasilitas modern. Dengan fasilitas tersebut, dapat membantu proses kerja agar lebih efektif. Sebagai contoh, koneksi internet dengan kecepatan yang tinggi sehingga cakupan informasi bisa lebih luas dan menghemat banyak waktu, kopi gratis, serta fasilitas menarik lainnya.

Begitu juga dengan infrastruktur tempat tersebut seperti kelistrikan, lokasi, kemudahan untuk mengakses kebutuhan, dan sebagainya. Carilah coworking space yang tepat, dalam artian mampu menunjang kebutuhan selama bekerja dan cocok dengan suasananya.

2. Manfaat Akses Mudah ke Fasilitas Pendukung

Manfaat coworking space berikutnya yakni kemudahan untuk mengakses fasilitas pendukung lainnya. Tidak hanya fasilitas utama seperti internet, pendingin ruangan, dan meja kursi. Melainkan juga fasilitas tambahan yang berperan meningkatkan kenyamanan kerja.

Contohnya saja mesin untuk membuat kopi. Beberapa coworking space memiliki fasilitas ini. Ada juga yang menyediakan rak buku berisi bacaan yang menarik untuk menambah inspirasi dan memperluas cakupan berpikir. Fasilitas pendukung seperti inilah yang menjadi nilai tambah.

3. Bagaimana Fasilitas dan Layanan Membantu Meningkatkan Efisiensi Kerja

Selain fasilitas utama dan pendukung, ada juga fasilitas berupa layanan yang disediakan oleh coworking space tersebut. Perhatikan seperti apa layanan yang diberikan oleh tempat tersebut. Apakah cukup memahami dan responsif terhadap kebutuhan pengunjung, sehingga bisa mendapatkan ruangan yang tepat.

Membangun Komunitas

Manfaat coworking space berikutnya adalah membangun komunitas baru. Dengan melakukan pekerjaan di ruang kerja bersama, terdapat kemungkinan bertemu orang lain hingga terbentuknya komunitas. Tidak jarang, orang memiliki minat yang sama atau bidang yang saling berkaitan dan kecocokan lainnya.

Dukungan ini dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan profesional. Koneksi dengan orang lain tidak hanya di lingkup kerja saja, namun juga terkait aspek lain yang dirasa saling terhubung. Hobi yang sama, minat serupa, dan kesamaan lainnya dapat berkumpul menjadi komunitas baru.

Manfaatnya cukup banyak, selain menjadi tempat untuk saling berbagi juga memberikan rasa menjadi bagian dari komunitas. Perasaan menjadi bagian akan sesuatu menimbulkan efek positif pada diri seseorang, yang bisa tercermin juga menjadi performa kerja lebih baik.

Itulah beberapa manfaat coworking space yang ternyata tidak hanya berkisar di bidang pekerjaan saja. Berkat kemajuan teknologi, cara bekerja semakin beragam sehingga tidak sebatas di kantor tradisional. Di mana saja, berbekal laptop/PC serta internet, sudah bisa bekerja.

Apalagi didukung dengan tempat yang menunjang kenyamanan bekerja, seperti coworking ruang kerja bersama. Berada di sebuah ruangan yang sama dengan beberapa orang yang tentunya bekerja di bidangnya masing-masing secara tidak langsung dapat meningkatkan semangat kerja.

Tujuan penting coworking space berkaitan erat dengan suasana yang mendukung konsentrasi dan kreativitas dalam bekerja. Terbukti dengan kelengkapan fasilitas, penataan ruangan, hingga suhu ruangannya. Ruang kerja bersama hadir sebagai solusi baru di tengah dunia kerja yang semakin berat tantangannya.

Lebih dari sekadar tempat bekerja, pelajari lebih lanjut bagaimana coworking space dapat meningkatkan produktivitas, hanya di Workfrom.

Image

Atalya

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.