Lifestyle

Mengenal Lebih Dalam: Apa Itu Coworking Space?

Coworking space yang mengusung konsep open space atau transparency, membuat setiap individu di dalam coworking space dapat lebih aktif berinteraksi.

2023-02-22T13:49:02

Image

Angelin Lu Prahsia

Copywriter




Image

coworking space

Dengan seiring perkembangan zaman dan ilmu teknologi informasi, membuat perkembangan & pertumbuhan entrepreneur di Indonesia semakin meningkat. Tidak salah jika bertumbuhnya entrepreneur juga membuat tingkat pertumbuhan startup di Indonesia mengalami peningkatan. Otomatis, sebuah trend tempat kerja bersama alias ruang bersama kekinian yang disebut coworking space akhirnya juga semakin menjamur & dikenal oleh banyak orang.

Apa itu Coworking Space (Ruang Bersama)?

Apa itu coworking space? Pengertian coworking space (ruang bersama) adalah tempat dimana berbagai orang dengan latar belakang pekerjaan ataupun bisnis yang berbeda bekerja di satu tempat. Asal dari definisi coworking space itu sendiri adalah berasal dari kata ‘coworking‘ yang bisa diartikan kerja sama atau berkolaborasi.

Karena desain coworking space yang mengusung konsep open space atau transparency, membuat setiap individu di dalam coworking space dapat lebih aktif berinteraksi. Sebuah coworking space juga biasanya memiliki suasana yang mendukung semangat & produktifitas kerja. Semua unicorn startup adalah pengguna working space karena membutuhkan tempat yang pas & tepat untuk berkordinasi bersama tim yang biasanya beranggotakan masih sedikit.

Coworking space tidak hanya untuk para startup founder saja. Tetapi coworking space bisa dan tepat untuk seseorang yang memiliki bisnis digital secara individu. Ataupun para freelancer profesional yang membutuhkan tempat untuk bekerja diluar rumah namun tidak ‘serasa’ kantor.

Asal Muasal Coworking Space

Setelah mengetahui arti dari apa itu coworking space, ada baiknya untuk juga mengetahui bagaimana asal muasal atau sejarah dari perkembangan coworking space. Awalnya, coworking space pertama kali muncul di Wina, Australia pada tahun 2002. Coworking space yang pertama kali didirikan di dunia itu adalah Schraubenfabrik oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll.

Di Indonesia sendiri, menurut beberapa sumber, coworking space pertama kali hadir di Kota Bandung sekitar tahun 2010. Bandung memang sering menjadi tempat lahir sebuah inovasi-inovasi yang unik & sangat menarik. Setelahnya, ruang kerja berkonsep sharing ini menjamur di berbagai kota besar Indonesia lainnya. Coworking space pun berhasil menarik perhatian bagi para founder startup hingga freelancer.

Mengapa Bekerja di Coworking Space Bisa Membantu Kolaborasi & Kerja Sama?

Bekerja di ruang kerja bersama atau coworking space telah menjadi tren yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Selain memberikan alternatif tempat kerja bagi para pekerja yang ingin bekerja di luar kantor, coworking space juga memberikan banyak manfaat dalam hal kolaborasi dan kerja sama.

Salah satu alasan mengapa coworking space memfasilitasi kolaborasi dan kerja sama adalah karena para pekerja yang bekerja di sana memiliki latar belakang dan keahlian yang berbeda-beda. Dalam lingkungan kerja yang konvensional, kita cenderung bekerja dengan orang-orang yang memiliki latar belakang dan keahlian yang mirip dengan kita. Namun, di coworking space, kita dapat bertemu dengan orang-orang yang berasal dari berbagai latar belakang dan memiliki keahlian yang berbeda-beda. Hal ini dapat memicu terjadinya pertukaran ide dan gagasan, yang pada akhirnya dapat membuka peluang untuk kolaborasi dan kerja sama.

Selain itu, coworking space juga memfasilitasi interaksi sosial dan networking yang lebih intensif. Para pekerja dapat dengan mudah terhubung dengan orang-orang baru, memperluas jaringan kontak mereka, dan mengembangkan kemitraan baru. Dalam beberapa kasus, coworking space bahkan dapat memfasilitasi kolaborasi dan kerja sama antara anggota yang berbeda.

Terdapat pula program-program dan acara-acara yang diadakan di coworking space untuk membantu para anggota terhubung dan bekerja sama. Misalnya, beberapa coworking space menyediakan program mentoring, workshop, dan sesi networking untuk membantu para anggota mengembangkan keterampilan mereka dan memperluas jaringan kontak mereka.

Dalam rangka memaksimalkan manfaat kolaborasi dan kerja sama yang ditawarkan oleh coworking space. Para pekerja perlu membuka diri dan proaktif dalam membangun hubungan dan menjalin kemitraan. Dengan begitu, coworking space dapat menjadi lingkungan kerja yang penuh dengan peluang dan potensi kolaborasi yang tak terbatas.

Baca Juga: 6 Keuntungan startup Founder Jika Bekerja di Coworking Space

Bingung cari coworking space? Workfrom punya beberapa pilihan untuk private office, shared desk, virtual office, meeting room, hingga event space yang bisa Anda temukan di Jakarta. Berbagai fasilitas tersebuh hadir untuk mendukung kegiatan aktifitas dunia startup di Indonesia.

Image

Angelin Lu Prahsia

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.