Business Tips

Perbedaan Virtual Office dan Serviced Office

Perbedaan Virtual Office Dengan Serviced Office yaitu karena adanya perbedaan yang dapat dilihat dari definisi, produk yang disewa, dll.

2023-03-29T12:06:13

Image

Rista Fathika

Copywriter




Image

Pesatnya perkembangan dunia bisnis membuat munculnya istilah – istilah baru dalam hal penyewaan kantor, yaitu Virtual Office dan Serviced Office. Bagi para founder startup baru ataupun entrepreneur muda, mungkin masih banyak yang bertanya tentang istilah tersebut, ‘Apa sih bedanya antara virtual office dan serviced office?’.

Virtual Office dan Serviced Office

Baca Juga: Pengertian dan Mengapa Startup Butuh Virtual Office

Sebetulnya sangat mudah membedakan antara serviced office (kantor berlayanan) dan virtual office (kantor virtual). Perbedaan antar keduanya tersebut dapat dilihat dari definisi, produk yang disewa & benefit yang didapat.

Perbedaan Virtual Office Dengan Serviced Office

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara virtual office dan serviced office:

Definisi

Virtual office adalah konsep kantor yang memungkinkan perusahaan untuk memiliki alamat bisnis, nomor telepon, dan layanan administratif lainnya tanpa harus memiliki ruang kantor fisik yang sebenarnya. Sementara itu, serviced office adalah kantor yang disewakan dengan fasilitas yang sudah lengkap seperti meja, kursi, dan peralatan lainnya.

Ruang Kerja

Virtual office tidak menyediakan ruang kerja yang sebenarnya. Semua pekerjaan dan pertemuan dapat dilakukan secara online dan melalui telepon. Sementara itu, serviced office menyediakan ruang kerja fisik yang dapat digunakan oleh perusahaan.

Fasilitas

Virtual office biasanya hanya menawarkan layanan administrasi, seperti pengelolaan surat dan paket pos, penerimaan panggilan telepon, dan penyediaan ruang rapat untuk pertemuan. Sementara itu, serviced office menyediakan fasilitas yang lengkap, seperti meja, kursi, internet, dan peralatan lainnya.

Harga

Virtual office biasanya lebih murah dibandingkan serviced office, karena tidak menyediakan ruang kerja fisik. Namun, biaya virtual office dapat bervariasi tergantung pada jenis layanan dan fasilitas yang ditawarkan. Sementara itu, serviced office biasanya lebih mahal karena menyediakan ruang kerja fisik dan fasilitas yang lengkap.

Fleksibilitas

Virtual office memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal waktu dan tempat kerja, karena semua pekerjaan dan pertemuan dapat dilakukan secara online. Sementara itu, serviced office memberikan fleksibilitas yang lebih terbatas karena perusahaan harus menggunakan ruang kerja fisik yang disewa.

Secara keseluruhan, virtual office dan serviced office menawarkan solusi yang tepat bagi perusahaan yang ingin menghemat biaya dan meningkatkan fleksibilitas. Namun, perbedaan mendasar antara keduanya perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum memilih solusi yang tepat bagi kebutuhan bisnis Anda.

Benefit 

Jika anda menyewa virtual office, sebetulnya anda hanya menyewa ‘alamat’ saja. Sehingga benefit yang didapat hanyalah dapat menggunakan alamat tersebut untuk berbagai keperluan administrasi / izin. Karena hanya sebatas alamat saja, anda pun tidak bisa menggunakan ruang kantor tersebut untuk keperluan sehari – hari.

Berbeda dengan private office atau serviced office, kalian mendapatkan benefit penuh karena kalian memang menyewa secara fisik ruangan kantor disana. Kalian juga dapat bekerja langsung dikantor tersebut bersama tim. Juga kalian akan mendapatkan benefit seperti Internet Access, 24 Hour Security hingga Car Parking.

Setelah mengetahui perbedaannya, mungkin akan timbul pertanyaan ‘Kapan harus menggunakan Virtual Office atau Serviced Office?’.

Sebetulnya kapan anda harus menggunakan virtual office ataupun serviced office tergantung sesuai kebutuhan startup atau perusahaan anda.

Misalkan jika anda baru saja memiliki startup yang baru dibentuk dan ingin membentuk sebuah PT tetapi tanpa ingin memiliki kantor fisik karena anda merasa anda masih bisa menjalankan usaha anda dari mana saja, tentu Virtual Office menjadi pilihan anda yang tepat. Karena untuk membentuk sebuah PT, anda harus memiliki domisili kantor anda dan anda dapat menyewa alamat tersebut jika menggunakan virtual office.

Berbeda jika anda adalah startup yang memiliki tim dan membutuhkan tempat untuk bekerja sebagai tim, maka anda membutuhkan sebuah serviced office. Karena anda mendapatkan fasilitas secara fisik juga seperti meeting room, free flow water hingga receptionist service.

Itulah perbedaan dasar antara virtual office (kantor virtual) dengan serviced office (kantor berlayanan) yang harus Anda ketahui.

Image

Rista Fathika

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.