Office Space

Ruang Kerja yang Nyaman, Apa Pentingnya?

Temukan mengapa memiliki ruang kerja yang nyaman penting untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan Anda.

2023-08-12T07:34:51

Image

Atalya

Copywriter




Image

Memiliki ruang kerja yang nyaman merupakan keistimewaan yang diidamkan banyak orang. Apalagi saat ini semakin banyak pekerjaan yang dalam praktiknya tidak mengharuskan untuk bekerja di kantor. Banyak orang bekerja dari berbagai tempat (work from everywhere).

Mulai dari ruang kerja di rumah sendiri, cafe, hingga menyewa coworking space (ruangan yang dibagi bersama untuk bekerja). Mengapa penting untuk bekerja di tempat yang nyaman? Hal ini berkaitan terhadap kinerja seseorang.

Di ruangan dengan atmosfer nyaman, rapi, dan tidak penuh, memudahkan pikiran untuk berkonsentrasi. Pekerjaan yang sulit dapat ditangani dengan lebih tenang. Sebaliknya jika ruang kerja tidak nyaman, katakanlah penuh barang, panas, ramai, dan sebagainya, akan berdampak terhadap produktivitas.

Faktor-faktor yang Membuat Ruang Kerja Nyaman

Apa indikator dari sebuah ruangan yang nyaman? Ada berbagai faktor yang dapat membuat ruang kerja terasa lebih nyaman untuk aktivitas bekerja. Faktor ini perlu diketahui sejak awal agar dapat mempertimbangkannya dalam mengelola ruangan. Seperti apa gambaran kenyamanan ini?

1. Pencahayaan yang Baik

Faktor utama ruangan kerja yang nyaman berkaitan dengan pencahayaan. Saat bekerja, pencahayaan dapat membantu seseorang untuk menjaga konsentrasinya. Cahaya yang cukup (tidak terlalu terang atau temaram) memudahkan seseorang untuk melakukan banyak hal.

Misalnya mencatat hal penting, mencari berkas, dan lainnya. Lain halnya dengan pencahayaan yang remang-remang sehingga membuat semangat turun atau justru mengantuk. Namun jika terlalu terang, juga membuat mata mudah lelah. Karena itulah pencahayaan ideal adalah jawabannya.

2. Suasana yang Tenang dan Hening

Suara termasuk distraksi yang cukup mengganggu bagi sebagian besar orang. Lain halnya dengan suara yang disengaja seperti bekerja sambil mendengarkan musik. Meski begitu, seringkali kondisi sekitar menghasilkan suara yang mengganggu konsentrasi saat bekerja.

Suara ini misalnya kendaraan lewat, teman yang asyik berbicara, dan aktivitas lainnya. Padahal, ketenangan merupakan aspek penting untuk menjaga konsentrasi serta kesadaran seseorang dalam bekerja. Artinya, pikiran tidak teralih dan benar-benar tertuju pada pekerjaannya.

Karena itulah banyak yang mencari tempat hening untuk bekerja. Jika tidak bisa didapatkan di tempatnya semula, masih banyak opsi yang tersedia di tempat lainnya. Dengan keheningan atau suara yang memberikan rasa nyaman, dapat membantu kinerja otak agar tetap lancar.

3. Ergonomi yang Tepat

Ruangan kerja yang nyaman sebaiknya memiliki ergonomi yang pas. Dalam bidang kerja, ergonomi berarti memberikan manfaat terkait kesehatan serta keselamatan kerja. Sebisa mungkin meminimalkan usaha kerja agar efektif, mengurangi kerusakan alat kerja, hingga menaikkan produktivitas.

4. Sirkulasi Udara yang Baik

Sirkulasi udara turut memegang peran dalam menghasilkan kenyamanan dalam suatu ruangan kerja. Dapat dibayangkan jika seseorang bekerja di ruangan sempit yang udaranya panas, terbatas karena semua jendela tertutup di tengah banyak orang.

Keuntungan Memiliki Ruangan Kerja yang Nyaman

Setiap orang yang bekerja tentu ingin ruangannya terasa nyaman, sehingga bisa lebih fokus dan mengurangi tingkat stres terkait pekerjaannya. Apa saja kelebihan dari bekerja dalam ruangan yang nyaman?

1. Meningkatkan Produktivitas

Keuntungan yang pertama tentu berhubungan dengan produktivitas seseorang. Seperti yang telah dibahas, bekerja dalam ruangan yang nyaman dapat membantu konsentrasi tetap terjaga dan minim stres. Tidak jarang juga mendatangkan inspirasi, sehingga bisa lebih produktif, bukan sekadar sibuk saja.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Ruangan kerja yang nyaman membantu orang-orang di dalamnya untuk berkonsentrasi. Sejatinya ruangan tersebut memberi rasa nyaman untuk semua indra. Misalnya penglihatan tidak terganggu orang berjalan kesana kemari, atau pemandangan meja penuh.

Begitu juga telinga tidak mendengar keributan dan hidung mencium aroma yang menenangkan. Semua berkolaborasi untuk meningkatkan konsentrasi. Kemampuan untuk berkonsentrasi ini tidak semua orang memilikinya, karena itu dapat dimulai dari bekerja dalam ruangan yang tepat.

3. Mengurangi Stres

Stres termasuk penghambat produktivitas yang dialami hampir semua orang saat bekerja. Memang stres tidak dapat dihindari, namun intensitasnya dapat dikurangi. Salah satunya dengan bekerja di tempat yang nyaman. Suasana sekitar sangat mempengaruhi kondisi batin seseorang dalam proses bekerja.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Secara Keseluruhan

Kesejahteraan mencakup rasa tenang, aman, dan kemampuan untuk menghasilkan sesuatu melalui pekerjaan. Tidak semua orang yang bekerja dapat mencapai kesejahteraan, nyatanya cukup sulit untuk dicapai. Karena itulah perlu dimulai dengan perubahan kecil sehari-hari ketika bekerja.

Penting untuk memperhatikan apakah ruangan tempat seseorang bekerja sudah cukup nyaman. Dengan mengutamakan kenyamanan tersebut, kesulitan bekerja dapat dihadapi dengan lebih bijak. Bisa dibayangkan jika pekerjaan sulit, ditambah tempatnya tidak nyaman, tentu lebih menyulitkan untuk berpikir jernih.

Tips untuk Menciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Kini sudah terlihat pentingnya menciptakan situasi nyaman di ruang kerja untuk meningkatkan kesejahteraan ketika bekerja. Selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana agar ruang kerja bisa lebih nyaman untuk ditempati dalam waktu lama. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Tambahkan Furniture dan Dekorasi yang Sesuai

Membicarakan ruang kantor yang nyaman, mungkin banyak orang merasa hal tersebut adalah kondisi yang sulit dicapai. Namun sebenarnya dengan beberapa perubahan, kenyamanan bisa diciptakan sendiri.

Misalnya dengan mengubah tata letak perabot, seperti kursi, meja, dan rak buku, sehingga tidak tampak penuh dan membosankan. Jika tidak memungkinkan, bisa dengan mengubah dekorasi.

Bisa mengurangi yang tidak perlu, atau menambahkan detail kecil yang membuat ruangan terasa lebih menyenangkan, seperti cat dinding dengan mural atau gambar yang lucu. Disesuaikan dengan situasi masing-masing.

2. Mengatur Desain Ruang Kerja yang Efisien

Tidak semua orang dapat merasakan ruangan kerja yang nyaman, tidak jarang performanya menurun karena jenuh atau merasa kurang nyaman. Daripada menunggu punya tempat kerja yang nyaman, hal ini bisa dilakukan sendiri dengan beberapa perubahan.

Bisa jadi yang membuat ruangan tak nyaman adalah karena penataannya. Menata ruang kantor yang nyaman bisa dilakukan dengan mempertimbangkan efisiensi, membuat semuanya jadi lebih minimalis. Contohnya di meja kerja tidak perlu banyak barang, cukup yang paling utama saja dan berkaitan langsung dengan proses kerja.

3. Pastikan Merawat Kesehatan dan Kebersihan Ruang Kerja

Tempat kerja nyaman tidak terlepas dari perkara kebersihan. Tips lain yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kenyamanan tersebut adalah memastikan kebersihan ruangan. Jika banyak sampah atau hal-hal yang tidak lagi diperlukan, tentu sangat menjemukan.

Pandangan yang penuh secara tidak langsung membuat pikiran terasa lebih banyak. Karena itulah meminimalisir hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan dapat meningkatkan efisiensi. Bisa juga membawa satu benda yang disukai di ruangan tersebut, sehingga ketika melihatnya dapat menambah semangat.

Mengatasinya dengan Coworking Space

Lantas, mengapa coworking space bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi berbagai ketidaknyamanan dalam bekerja? Tempat ini menawarkan berbagai variasi ruangan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pekerja. Di sini, semua orang datang untuk bekerja dengan lebih nyaman.

Karena itulah suasananya dibuat senyaman mungkin, dengan minim distraksi dan tentunya fasilitas memadai. Perubahan ini bisa menghilangkan rasa jenuh, dengan berbagai keunggulan. Seperti kesempatan berkolaborasi, meningkatkan produktivitas, hingga mengatasi stres.

Demikian pembahasan mengenai ruangan kerja yang nyaman untuk menunjang kelancaran dalam bekerja. Ada berbagai faktor yang berperan terhadap kenyamanan ruangan beserta keuntungannya. Sekarang ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat ruangan lebih nyaman.

Salah satunya bekerja di coworking space yang secara khusus dirancang untuk kenyamanan bekerja. Sehingga bisa melakukan pekerjaan dengan pikiran fokus, perasaan tenang, dan emosi yang terjaga. Jika proses bekerja menyenangkan, akan lebih mudah untuk mengatasi berbagai hambatan yang terjadi.

Cari coworking space yang tidak hanya nyaman, namun menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda, hanya di Workfrom.

Image

Atalya

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.