Office Space

Serviced Office Adalah: Kelebihan dan Kekurangannya

Temukan bagaimana serviced office dapat memberikan fleksibilitas dan kepraktisan bagi bisnis Anda, sambil mempertimbangkan kemungkinan kendala.

2023-06-25T07:36:04

Image

Atalya

Copywriter




Image

Serviced office merupakan pilihan solusi ruang kerja untuk perusahaan, baik korporat atau startup yang tengah berkembang. Tidak seperti virtual office yang biasanya hanya memberikan alamat domisili kantor saja tanpa ada ruang kantor fisik dari perusahaan tersebut.

Dalam layanan serviced, perusahaan juga akan mendapatkan ruang fisik yang bisa digunakan. Pada dasarnya, serviced office adalah ruang yang memang sudah disewa untuk keperluan kantor.

Sistem sewa ini terkadang memiliki kesan mahal dan mengeluarkan banyak biaya. Sehingga, banyak perusahaan merasa ragu. Untuk bahan pertimbangan, berikut akan dibahas mengenai kelebihan sampai dengan kekurangan dari ruang kantor ini:

Kelebihan Serviced Office Adalah?

Sebagai bahan pertimbangan pertama sebelum memilih serviced office, akan dibahas mengenai kelebihan dari sistem ruang kerja ini. Jika dibandingkan dengan sistem ruang kerja lain seperti coworking space atau virtual office. Bisa dibilang jenis kantor ini lebih banyak kelebihannya.

Tidak heran, jika semakin banyak serviced office Jakarta bermunculan. Karena ruang kerja ini memang ideal untuk diterapkan di kota-kota besar dan area strategis. Berikut adalah berbagai kelebihan yang bisa didapatkan:

1. Fleksibilitas dalam Penyewaan

Sebuah perusahaan yang masih berkembang, pasti awalnya tidak membutuhkan terlalu banyak ruang. Seiring dengan semakin besarnya perusahaan dan jenis usaha, maka kebutuhan ruang akan semakin luas untuk beroperasi.

Layanan serviced ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Awalnya, perusahaan bisa menyewa ruang yang kecil terlebih dahulu, kemudian semakin besar disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, perusahaan juga bebas mengambil kontrak dalam jangka pendek atau jangka panjang dalam menggunakan ruangan. Dengan begitu, perusahaan dengan mudah menentukan jika ingin pindah atau mungkin ingin menggunakan ruang dalam waktu lama.

2. Fasilitas dan Infrastruktur Siap Pakai

Serviced office mungkin terkesan seperti sistem ruang biasa untuk keperluan kantor. Namun, dalam sistem sewa biasa, perusahaan biasanya hanya mendapatkan ruang saja tanpa fasilitas seperti furniture atau dukungan teknologi.

Hal ini berbeda dengan layanan service yang sudah termasuk dengan fasilitas untuk mendukung operasional perusahaan. Perusahaan yang menyewa dengan sistem ini, akan mendapatkan fasilitas lengkap mulai dari furniture untuk keperluan perusahaan.

Dari meja dan kursi, ruang rapat, peralatan kantor, bahkan sampai akses untuk ke internet. Tidak hanya layanan ini saja, ruang kantor ini juga menyediakan fasilitas teknologi seperti printer, scanner, jaringan telepon, bahkan sampai dengan layanan untuk administrasi.

Jadi, perusahaan tidak perlu memikirkan biaya untuk mengisi ruang kantor lagi. Begitu, kantor disewa dan perusahaan mulai masuk ke ruangan. Ruangan bisa langsung digunakan dan perusahaan biasa beroperasi.

3. Biaya Lebih Terkendali

Dengan lengkapnya fasilitas yang diberikan serviced office, pasti terbayang harga yang mahal untuk operasional perusahaan. Kekhawatiran ini tidak akan terjadi, karena harga sewa yang dibayarkan untuk ruangan sudah termasuk dengan fasilitasnya.

Biaya untuk kebersihan, keamanan, utilitas, bahkan sampai dengan dukungan teknis sudah termasuk dengan biaya sewa yang dibayarkan. Jadi, perusahaan tidak perlu mengelola biaya operasional kantor dan biaya sewa secara terpisah.

Pengelolaan biaya menjadi lebih mudah lebih terkendali. Biaya serviced office murah, jika dibandingkan dengan sewa kantor dengan sistem biasa. Mempertimbangkan banyaknya fasilitas yang diberikan, terbilang lebih murah dibandingkan coworking dan virtual office.

4. Lingkungan Kerja dan Bisnis yang Kolaboratif

Area serviced office biasanya tidak digunakan oleh satu perusahaan saja. Ada perusahaan lain di lingkungan yang sama dan menggunakan ruang sesuai kebutuhan. Hal ini menciptakan lingkungan bisnis yang ideal untuk berkembang.

Karena perusahaan akan memiliki kesempatan lebih besar untuk berinteraksi dengan perusahaan dan profesional lain. Artinya, peluang untuk memperluas jaringan bisnis dan bahkan mitra profesional jauh lebih besar dengan menggunakan jenis ruang kantor ini.

Kekurangan Serviced Office

Jangan hanya terpatri pada kelebihan yang diberikan saja. Perusahaan juga harus mempertimbangkan kelemahan dari layanan ini. Karena bisa jadi kekurangan dari layanan ini menjadi penghalang perkembangan usaha dan tidak sesuai dengan kebutuhan usaha.

Untuk memastikan bahwa layanan serviced office memang yang paling ideal untuk perusahaan atau bukan. Berikut adalah berbagai kekurangan dari layanan ruang kantor ini yang perlu ikut dipertimbangkan:

1. Terbatasnya Privasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa tidak hanya satu perusahaan saja yang akan menggunakan ruang kantor. Namun, akan ada perusahaan lain yang menggunakan ruang sesuai dengan kebutuhan dan kontrak perusahaan tersebut.

Situasi ini memang memudahkan antar perusahaan untuk berinteraksi. Namun, ada kekurangannya yaitu kurangnya privasi dalam menjalankan usaha. Karena berbagi ruang, tentu saja tingkat privasi akan lebih lemah dan berkurang.

Selain privasi untuk bisnis sendiri, ruang privasi antar individu pun berkurang dan terbatas. Jika ada pembicaraan penting yang bersifat rahasia atau mungkin pertemuan yang seharusnya dirahasiakan, akan jadi sulit untuk dilakukan.

Sekilas hal ini seperti masalah yang besar, namun sebenarnya hal tersebut bisa diatasi. Dengan melakukan pembicaraan rahasia melalui telepon atau email atau melakukan pertemuan di cafe atau tempat lain selain di kantor.

2. Ketergantungan pada Layanan Pihak Ketiga

Dalam sewa menyewa serviced office, pihak perusahaan tidak bertemu langsung dengan pemilik gedung. Namun, dengan pihak ketiga yang memang bertanggung jawab atas pengelolaan sistem ruang kantor ini.

Jadi, jika pihak perusahaan ingin mengajukan komplain atau kendala di ruang kantor. Semuanya, bergantung pada pihak ketiga ini. Ada kemungkinan komplain atau kendala yang terjadi di ruang kantor tidak bisa diatasi dengan cepat.

Karena penyaluran informasi yang lebih panjang dari pihak ketiga sampai dengan ke pemilik gedung sebenarnya. Selain itu, karena fasilitas yang tersedia sudah termasuk dalam biaya sewa.

Pengelolaan fasilitas dan perawatannya bergantung pada pihak ketiga ini. Jadi, pihak perusahaan tidak bisa menambah dan mengurangi sendiri sesuai dengan kebutuhan. Respon perbaikan atau perawatan juga mungkin akan lebih lambat.

Karena memang penyedia jasa ketigalah yang bertanggung jawab dan tidak bisa langsung ke pemilik gedung. Walaupun terkesan sebagai masalah besar, sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan mencari pihak ketiga yang bertanggung jawab dan profesional.

Jika memang penyedia jasanya baik dan profesional. Tentu saja, lambatnya pelayanan dan terbatasnya akses tidak menjadi masalah yang besar lagi. Ada banyak layanan jasa serviced office Jakarta Selatan yang bisa diandalkan untuk mendukung dinamika kantor.

Kesimpulan

Jika dilihat dari pembahasan kelebihan dan kekurangannya, terlihat jelas bahwa kelebihan dari layanan kantor ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan kelemahannya. Apalagi, kelemahan layanan ini sebenarnya bukan masalah besar dan bisa diatasi dengan mudah.

Tidak ada alasan lagi bagi perusahaan untuk tidak mempertimbangkan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan kantor dan ruang untuk bekerja. Tidak hanya, sekedar membuat kantor dengan alamat profesional atau memiliki ruang yang terbatas untuk digunakan.

Dengan layanan serviced office perusahaan bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan. Mulai dari perusahaan memiliki ruang fisik untuk beroperasi, alamat bisnis di lokasi yang bergengsi, harga yang terjangkau, sampai dengan fasilitas super lengkap untuk kantor.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seputar sewa kantor? Kunjungi Workfrom sekarang!

Image

Atalya

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.