Business Tips

4 Tips Memilih Coworking Space Biar Kalian Gak Rugi!

Coworking space adalah sebuah ruang kerja bersama yang biasanya digunakan oleh para pekerja freelance atau startup. Tapi, sebelum memilih coworking space, ada 4 hal yang perlu diperhatikan agar tidak rugi.

2023-04-12T12:39:48

Image

Rista Fathika

Copywriter




Image

tips memilih coworking space

Semakin hari, Coworking Space alias ruang bersama memang makin diminati belakangan ini. Apalagi dengan perkembangan industry startup di Indonesia terutama kota-kota besar, membuat para startup founder langsung mencari Coworking Space sebagai basis tempat kerja mereka. Tidak hanya para startup founder saja, namun berbagai latar belakang pekerjaan seperti Freelancer, Digital Nomad, Blogger, hingga Konsultan juga banyak yang memilih Coworking Space sebagai tempat kerja mereka.

Tetapi masalahnya, setiap coworking space menyediakan fasilitas yang berbeda-beda dengan harga yang juga sangat bervariasi. Banyak startup founder yang bisa dibilang ‘salah’ memilih co-working space karena kurangnya pengetahuan bagaimana cara memilih coworking space yang tepat untuk startup hingga freelancer. Lalu, bagaimana cara memilih Coworking Space yang cocok untuk startup anda? Setidaknya ada 4 tips sebelum anda memilih coworking space untuk startup anda.

Tips Memilih Coworking Space Untuk Startup

Berikut ini tips-tips yang bisa Anda ikuti sebelum memilih coworking space untuk bisnis Anda.

1) Fasilitas

Setiap coworking space memiliki fasilitas yang beragam & berbeda – beda. Oleh karena itu, setiap kali anda ingin memilih coworking space sebagai tempat kerja anda & tim startup anda, kalian harus mengecek terlebih dahulu fasilitas apa saja yang terdapat di Coworking Space tersebut. Mulai dari fasilitas yang wajib seperti High Speed Internet hingga fasilitas – fasilitas pendukung kerja kalian.

Pastikan kalian sudah mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan Coworking Space sebelum kalian memilih co-working space.

2) Lokasi

Lokasi menjadi hal yang penting sebagai salah satu pertimbangan kalian sebelum memilih ruang bersama alias coworking space. Lokasi memang menjadi hal yang krusial bagi anda & tim anda. Sebab jika lokasi yang tidak strategis & sulit dijangkau, bisa – bisa membuat anda beserta tim menjadi tidak produktif.

Jadi sebelum menentukan coworking space, pilihlah coworking space yang memiliki lokasi yang strategis & mudah dijangkau.

3) Suasana Coworking Space

Dimanapun anda bekerja, pastinya suasana lingkungan tempat kerja anda juga sangat mempengaruhi kinerja anda beserta tim. Suasana coworking space yang mendukung antara lain seperti memiliki desain & interior tempat yang cozy dan comfort, hingga penerangan yang mendukung ambience startup kalian bekerja.

Pastikan coworking space yang ingin kalian pilih memiliki suasana yang nyaman & membuat anda beserta tim dapat bekerja dengan produktif.

4) Harga

Harga atau biaya sewa sesungguhnya menjadi hal yang paling penting untuk memilih coworking space . Karena pada tahap awal startup dibangun, pastinya memiliki budget atau anggaran yang sangat terbatas. Kalian harus memastikan jika budget yang kalian keluarkan untuk sebuh coworking space haruslah sesuai dengan fasilitas & benefit yang akan kalian dapatkan. Banyak para startup founder yang memilih coworking space mahal namun ternyata benefit yang didapatkan benar – benar dibawah harapan.

Oleh karena itu, pilihlah coworking space yang menawarkan harga yang memang sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Bahkan, pilihlah coworking space dengan harga yang paling terjangkau namun memiliki fasilitas lengkap & sangat membantu perkembangan startup kalian.

Pikirkan & pertimbangkan 4 tips diatas sebelum kalian memilih coworking space dimanapun ya! Dengan memperhatikan tips di atas, kalian akan dapat memilih coworking space yang sesuai dengan kebutuhan kalian dan tidak mengalami kerugian. Selamat mencari coworking space yang tepat untuk kalian!

Image

Rista Fathika

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.