Lifestyle

Lingkungan Kerja Ideal, Seperti Apa?

Dapatkan tips tentang bagaimana membangun lingkungan kerja ideal untuk meningkatkan hasil kerja dan kesejahteraan karyawan.

2023-06-15T20:07:45

Image

Atalya

Copywriter




Image

Mempunyai lingkungan kerja ideal telah menjadi hal yang diharapkan setiap karyawan. Ini bisa membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan nyaman. Selain itu, lingkungan kerja karyawan yang baik juga meningkatkan semangat kerja dan meminimalisir tekanan.

Berdasarkan fakta, lingkungan sangat memengaruhi kinerja dan produktivitas karyawan. Semakin baik lingkungannya, maka karyawan akan semakin bahagia dan efisien dalam bekerja.

Untuk membangun lingkungan yang ideal untuk bekerja, memang membutuhkan sejumlah usaha khusus. Baik dari segi sumber daya manusia, pemimpin, sampai suasana kantor harus diatur sedemikian rupa. Berikut informasi lebih lanjutnya.

Pengertian Lingkungan Kerja Ideal

Lingkungan kerja merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas karyawan selama berada di tempat kerja. Ini meliputi lingkungan fisik, budaya perusahaan, sampai fasilitas pendukung. Lingkungan kerja terbagi menjadi dua, yakni lingkungan kerja fisik dan non-fisik.

Contoh lingkungan fisik adalah warna, penerangan, atau tata letak kantor. Sedangkan, lingkungan non fisik contohnya adalah pola kepemimpinan, budaya organisasi, dan pengaturan struktur perusahaan.

Sebagai karyawan maupun pemimpin, harus berupaya mengembangkan lingkungan yang positif. Lingkungan kerja yang kondusif sangat penting dalam menunjang produktivitas karyawan dan membuat perusahaan semakin berkembang. Ini juga bisa meningkatkan loyalitas karyawan dan kenyamanan ketika bekerja.

Sebaliknya, lingkungan kerja toxic adalah lingkungan yang tidak nyaman, membuat karyawan merasa tertekan, dan tidak betah. Jika terus menerus bekerja dalam lingkungan yang toxic, bisa merusak kesehatan fisik maupun mental. Maka dari itu, penting untuk mengupayakan lingkungan yang sehat dalam kehidupan kerja.

Faktor-faktor Lingkungan Kerja yang Ideal

Lingkungan kerja yang diharapkan tentunya harus ideal dan nyaman untuk semua karyawan. Beberapa ciri lingkungan yang positif untuk bekerja adalah sebagai berikut.

1. Komunikasi yang Terbuka dan Efektif

Membangun komunikasi memang tampak sangat mudah. Namun, nyatanya berkomunikasi secara efektif cukup rumit dilakukan. Baik karyawan maupun atasan harus mampu menjaga komunikasi dengan baik sembari membangun lingkungan kondusif.

Komunikasi harus berjalan lancar antar sesama teman kantor maupun atasan ke bawahan. Hal ini akan bermanfaat saat terjadi masalah dalam pekerjaan. Selain itu, ini juga membantu meminimalisir kesalahpahaman.

Dalam dunia kerja, kita membutuhkan bantuan orang lain, sehingga tidak bisa bekerja sendirian. Bukan hanya menjalin komunikasi, setiap komponen pekerja juga perlu membangun kebersamaan. Pererat ikatan persaudaraan antar sesama dengan mengadakan momen sharing.

2. Kolaborasi dan Tim Kerja yang Solid

Selanjutnya, lingkungan kerja yang diharapkan juga harus melibatkan kerja sama tim yang kompak. Setiap karyawan harus bekerja sesuai dengan posisi serta porsi yang pas, agar lebih nyaman. Ini bisa diketahui sejak perekrutan agar mampu bekerja dengan baik sesuai ketentuan.

Bila pekerja bekerja sesuai keahlian dan bidangnya, maka hasil pekerjaannya pun akan lebih berkualitas. Para karyawan harus mampu melakukan kolaborasi dalam menuangkan ide serta kreativitas mereka. Sebagai tim yang tangguh, ciptakan atmosfer kerja yang terbuka, saling membangun, dan mendukung satu sama lain.

Ketika ada masalah, sebaiknya diskusikan hal sesegera mungkin. Melalui itu, setiap karyawan bisa bertukar pikiran untuk mendapatkan hasil kerja maksimal.

3. Pemimpin yang Menginspirasi dan Mendukung

Bukan hanya aspek karyawan, lingkungan yang positif untuk bekerja juga harus memiliki pemimpin hebat di baliknya. Pemimpin harus memiliki jiwa kepemimpinan tinggi. Artinya mampu memberikan arahan, namun tidak merendahkan bawahan.

Pemimpin yang baik harus bisa memberi dukungan fisik maupun mental bagi karyawannya. Bukan hanya itu, pemimpin juga perlu memberi contoh dan inspirasi agar tim bekerja dengan optimal.

Bila ada kesempatan, pemimpin bisa mengadakan pertemuan atau pemungutan pendapat supaya karyawan dapat mengutarakan kelebihannya. Sebagai pemimpin, hargai pula setiap usaha karyawan dan berikan apresiasi melalui hadiah atau bentuk lainnya.

4. Keseimbangan antara Hubungan Kerja dan Kehidupan Pribadi

Dalam dunia kerja, membedakan kehidupan pribadi dengan pekerjaan sangat diperlukan. Meskipun pada kenyataannya, ini cukup sulit dilakukan. Kehidupan pribadi tidak boleh dibawa dalam kehidupan kerja karena bisa mengganggu kinerja.

Misalnya, ada lingkungan kerja yang tidak disukai secara pribadi. Ketika meeting, jangan menyerangnya untuk alasan pribadi. Bekerjalah secara profesional, tanpa melibatkan perasaan individual.

5. Kebijakan dan Program Kesejahteraan Karyawan

Lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai? Apakah lingkungan yang selalu memperhatikan kesejahteraan karyawannya? Salah satu ciri perusahaan yang memiliki lingkungan positif adalah memberlakukan kebijakan yang mendukung kesejahteraan karyawan.

Perusahaan juga harus memanusiakan manusia dengan memberikan beberapa cuti liburan, cuti melahirkan, atau cuti untuk keperluan lainnya. Selain itu, perusahaan juga perlu memperhatikan karyawannya guna membangun kedekatan. Misalnya, ada karyawan yang sedang berduka, maka bisa memberi karangan bunga sebagai bentuk ucapan duka cita.

6. Ruang Kantor Memenuhi Standar

Ciri lingkungan kerja yang baik terakhir adalah ruangan kerjanya memenuhi standar. Lingkungan yang kondusif untuk bekerja harus terasa nyaman, baik dari segi tata letak, pewarnaan, pencahayaan, kebersihan, kebisingan, dan lain sebagainya. Perusahaan dapat membenahi interior kantor secara berkala.

Bukan hanya itu, suhu ruangan dan sirkulasi udara juga berpengaruh pada kinerja karyawan. Jangan sampai kantor memiliki AC yang terlalu dingin atau terlalu panas. Selain itu, sediakan ruangan untuk karyawan refreshing setelah bekerja keras.

Di era modern ini, banyak kantor yang menyediakan ruang bersantai atau ruang bermain. Karyawan bisa melepas stress di ruangan ini. Beberapa contohnya adalah kursi dan ruang makan dengan board game, meja billiard, pingpong, dan masih banyak perkakas lagi.

Membangun Lingkungan Kerja yang Ideal

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun lingkungan kerja terbaik. Semuanya harus berjalan secara berkesinambungan dan konsisten. Bagaimana caranya?

  • Menerapkan strategi dalam mengidentifikasi calon karyawan ketika proses perekrutan. Pastikan karyawan ideal dalam menjalankan tugas serta peranannya sebagai karyawan yang mampu menciptakan lingkungan kerja kondusif.
  • Ciptakan aturan serta tujuan yang realistis dan dapat dipatuhi seluruh karyawan.
  • Melakukan latihan dasar kepemimpinan supaya menjadi pribadi yang lebih positif.
  • Mengimplementasikan berbagai program serta kebijakan yang menunjang kesejahteraan karyawan.
  • Memberikan karyawan kebebasan untuk menyuarakan pendapatnya guna meningkatkan keberanian dan memperluas opini seputar kemajuan perusahaan.
  • Membangun kolaborasi serta fasilitas komunikasi efektif antara setiap anggota tim maupun antara anggota dengan atasan.
  • Mengakui kontribusi setiap karyawan dan memberi penghargaan sesuai prestasinya.
  • Menyediakan fasilitas di kantor yang mendukung karyawan dalam menjaga kesehatan mental dan mengelola stress, seperti ruang bersantai atau ruang bermain.

Kesimpulan

Bekerja di lingkungan yang positif tentunya sangat bermanfaat. Ini bisa mendorong dan memotivasi karyawan untuk memberikan kontribusi terbaiknya kepada perusahaan. Perusahaan modern berlomba-lomba membenahi keadaan internal perusahaannya agar karyawan lebih produktif.

Menurut penelitian, lingkungan kerja yang baik juga dapat meningkatkan loyalitas karyawan serta antusiasme terhadap kegiatan organisasi. Keterlibatan karyawan secara nyata akhirnya berpengaruh pada perkembangan perusahaan.

Meskipun kerap disepelekan, nyatanya membangun lingkungan ideal untuk bekerja sangat penting karena memiliki banyak dampak positif. Karyawan yang bekerja dengan nyaman bisa memberikan hasil maksimal dan berdampak pada keuntungan perusahaan. Selain itu, ini juga meminimalisir kemungkinan pertengkaran atau kesalahpahaman di lingkungan kerja.

Cari tahu lebih banyak lagi tentang lingkungan kerja yang produktif di Workfrom!

Image

Atalya

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.