Business Tips
Privasi di Tempat Kerja, Seberapa Penting?
Temukan pentingnya menjaga privasi untuk membangun kepercayaan, meningkatkan produktivitas, dan melindungi data berharga di tempat kerja.
2023-08-14T07:44:36

Atalya
Copywriter

Urusan pekerjaan sudah pasti merupakan ranah yang terpisah dari kehidupan pribadi. Karena itu, sangat penting untuk menerapkan privasi di tempat kerja. Dalam dunia kerja, batasan antara kehidupan personal dan urusan bisnis terkadang menjadi bias.
Hal ini memunculkan pertanyaan tentang teknologi dan privasi di tempat kerja, terutama mengenai hal-hal yang mungkin bisa menyebabkan hal tersebut terjadi. Privasi di tempat kerja tidak perlu diragukan lagi merupakan hal yang sangat penting.
Tidak hanya sekedar penting, namun sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk menjaga privasi para karyawannya. Dengan begitu, terciptanya batasan antara kehidupan sebagai individu biasa dan sebagai karyawan.
Mengapa Privasi Pribadi Penting di Tempat Kerja
Seperti yang disebutkan sebelumnya, privasi di tempat kerja merupakan hal yang sangat penting bahkan terbilang tanggung jawab perusahaan. Namun, mengapa masih banyak situasi di mana situasi karyawan kurang terjaga baik dari akses dunia luar maupun pada sesama karyawan?
Mungkin, karena sebagai pekerja kurang memahami mengapa privasi kerja merupakan hal yang penting. Berikut adalah alasan mengapa sangat penting menjaga privasi pribadi di tempat kerja:
1. Keamanan Informasi Pribadi
Informasi yang berkaitan dengan kehidupan pribadi sudah semestinya menjadi pengetahuan pribadi saja. Dalam kata lain, tidak boleh ada orang yang mengetahuinya bahkan jika orang itu adalah rekan kerja terdekat.
Jika informasi pribadi dari seorang pekerja tidak aman atau mudah diketahui banyak orang. Baik dari pihak luar perusahaan maupun rekan satu perusahaan, dikhawatirkan akan disalahgunakan.
Mulai dari untuk menjatuhkan reputasi, pencurian ide, pencurian akses, dan berbagai kemungkinan buruk lain. Karena, informasi pribadi bisa mengakses banyak akun penting milik pekerja.
2. Hak Individu Untuk Privasi
Pada dasarnya privasi merupakan hak asasi dari setiap individu, tidak terkecuali seorang pekerja. Karena itu, hak untuk memiliki ruang pribadi dan menyimpan informasi personal harus didapatkan oleh karyawan bahkan mendapatkan jaminan dari perusahaan.
Menjaga informasi pribadi dan ruang privasi, memberikan para pekerja hak ini, terpenuhinya hak akan privasi juga bisa mendukung kinerja dari para pekerja. Di mana, para pekerja tidak perlu khawatir mengenai privasinya selama menjadi karyawan.
Dengan begitu, para karyawan bisa lebih fokus menjalankan tugasnya dan berkontribusi lebih banyak pada perusahaan. Tidak ada kekhawatiran mengenai keamanan data atau privasi yang mungkin saja tersebar.
3. Kepercayaan dan Citra Perusahaan
Bagaimana cara sebuah perusahaan menjaga privasi di tempat kerja, ternyata mempengaruhi tingkat kepercayaan bahkan citra dari perusahaan itu sendiri. Sebuah perusahaan yang mampu melindungi privasi karyawannya.
Membuktikan bahwa perusahaan tersebut mengetahui, memahami, dapat menjalankan kewajibannya untuk memberikan hak privasi pada karyawannya. Kepercayaan karyawan pada perusahaan pun meningkat dan menunjang kontribusi setiap karyawan.
Tidak hanya tingkat kepercayaan karyawan saja, hal ini juga bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan klien. Karena, kepercayaan karyawan akan membangun citra perusahaan yang baik.
Tips Menjaga Privasi di Tempat Kerja
Banyak isu privasi di tempat kerja yang mungkin membuat para karyawan risau. Pada satu sisi, hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab perusahaan untuk menjaga privasi karyawan. Namun, para pekerja harus aktif melindungi hak privasinya.
Terutama dalam lingkungan di dalam perusahaan sendiri, di mana para pekerja harus bisa melindungi privasinya dari sesama rekan. Berikut adalah tips sederhana yang mungkin bisa dilakukan para pekerja untuk menjaga privasi di tempat kerja:
- Tidak menceritakan hal-hal yang bersifat personal pada rekan kerja.
- Membatasi pertemanan di media sosial tertentu.
- Menjaga hubungan dengan rekan kerja agar tetap profesional.
- Tidak membawa masalah pribadi ke dalam pekerjaan.
- Memberi batasan antara kehidupan personal dan kehidupan sebagai pekerja.
- Usahakan hanya membahas mengenai pekerjaan saja dengan rekan kerja.
- Hindari terlalu terbuka dengan rekan kerja terutama mengenai kehidupan pribadi.
- Memanfaatkan teknologi dan privasi di tempat kerja.
Kebiasaan menahan dan membatasi diri seperti yang disebutkan di atas, tidak hanya melindungi privasi dari pekerja. Namun, melindungi performa dari pekerja itu sendiri. Banyaknya informasi pribadi yang tersebar di rekan kerja mempengaruhi reputasi.
Semakin terbatas informasi pribadi yang diketahui rekan kerja yang lain. Berarti semakin mudah bagi para pekerja membangun reputasi yang baik dan mempertahankannya. Reputasi yang baik dapat memberikan pengembangan karir yang baik.
Selain itu, hal ini menghindari rekan kerja memanfaatkan informasi pribadi dan personal untuk menjatuhkan para pekerja di tempat kerja.
Manfaat Menjaga Privasi Pribadi di Kantor
Setelah mengetahui alasannya, mungkin pada para pekerja atau pihak perusahaan sendiri tidak terlalu memahami. Setelah melakukan perlindungan privasi pada karyawan apa akan ada dampak positifnya bagi karyawan maupun perusahaan.
Tentu saja, perlindungan dan privasi di tempat kerja akan memberikan manfaat. Baik pada para pekerja maupun pihak perusahaan sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat privasi di tempat kerja yang bisa didapatkan:
1. Perlindungan Individu dan Kebebasan Pribadi
Manfaat pertama dari privasi di tempat kerja adalah memberikan perlindungan pada para pekerja sebagai individu. Dengan perlindungan ini, para pekerja mendapatkan kebebasan pribadi dan akses eksklusif pada informasi pribadinya.
Aspek ini memang bisa dijamin oleh perusahaan dengan memanfaatkan teknologi dan pengamanan sistem data. Namun, para pekerja perlu berperan aktif melindungi informasi pribadinya. Dengan cara tidak, menyebarkannya sekalipun pada rekan kerja terdekat.
2. Meningkatkan Kepercayaan dan Loyalitas Karyawan
Jika karyawan merasa perusahaan telah mampu melindungi privasi dan data pribadi para karyawan. Maka, kepercayaan karyawan pada perusahaan akan meningkat dan kontribusi pun akan semakin maksimal.
Tidak hanya itu, karena perusahaan bisa memberikan jaminan keamanan di aspek ini. Membuat loyalitas para pekerja pada perusahaan semakin meningkat juga. Karyawan akan semakin yakin dan tidak mudah berpindah dari perusahaan.
Karena, karyawan merasa bekerja di bawah naungan perusahaan dapat memberikan jaminan keamanan. Jaminan yang mungkin tidak bisa diberikan oleh perusahaan lain yang belum membuktikan keamanan dan perlindungan terhadap data karyawannya.
3. Membangun Citra Perusahaan yang Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya
Seperti yang disebutkan sebelumnya, perusahaan yang mampu melindungi privasi karyawannya merupakan perusahaan yang bisa memenuhi hak karyawannya. Memperlihatkan kesan sebagai perusahaan yang bertanggung jawab.
Selain itu, perusahaan terkesan dapat dipercaya karena memberikan perlindungan informasi pribadi pada para karyawannya. Hal ini secara otomatis membentuk citra perusahaan yang baik terutama yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.
Citra perusahaan yang baik akan menaikkan value perusahaan di mata masyarakat. Hal yang paling penting adalah meningkatkan value perusahaan di mata calon klien dan pasar potensial.
Dalam dunia kerja yang bergerak cepat, privasi menjadi kunci penting di tempat kerja. Dengan menyediakan private office space, kita bukan hanya memberikan tempat bagi tim untuk berkonsentrasi dan menghasilkan kerja terbaik mereka, tapi juga melindungi info-info penting dari risiko gangguan.
Ini adalah kombinasi sempurna antara kolaborasi yang kreatif dan privasi yang diperlukan, buat perusahaan siap menghadapi apa pun! Untuk sewa private office space, segera cek Workfrom sekarang.

Atalya
Copywriter
Artikel Serupa
Business Tips
Diskusi Lebih Nyaman dengan Interior Ruang Rapat Minimalis
Business Tips
5 Meeting Room Hotel Terbaik di Jakarta untuk Acara Bisnis
Business Tips
Mengenal Jenis-jenis Meeting Room dan Fungsinya dalam Bisnis
Business Tips
Rapat Lebih Nyaman: 5 Meeting Room Restaurant Terbaik Jakarta
Business Tips
Apa itu Virtual Office? Berikut Cara Kerja dan Contohnya
Kategori
Elevate Your Online Presence Now!
Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales.
Talk to an Expert
Talk with Us and Find the Ideal Strategy
We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Free Consultation

Website Design Preferences

Marketing Strategy Discussion
Office Phone
+62 21 39730083
Office Address
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

+62 21 39730083