Business Tips

Bekerja di Coworking Space, Ini 5 Tips Mengelola Karyawan

Manfaatkan potensi coworking space bersama karyawan Anda dengan tepat! Dapatkan 5 tips efektif untuk mengelola karyawan Anda.

2023-08-28T07:03:22

Image

Atalya

Copywriter




Image

Melihat perkembangan tren coworking space belakangan ini, banyak yang akan mulai tertarik menerapkannya. Akan tetapi, cara mengelola karyawan yang bekerja dalam coworking space tentu memberikan tantangan tersendiri.

Coworking space artinya ruang kerja yang dipakai untuk karyawan dalam beberapa instansi perusahaan sekaligus. Ruang kerja ini dapat memicu adanya interaksi sosial, serta menambah relasi antar perusahaan.

Dalam konsep ini, bisa dilihat juga jika karyawan akan perlu dikelola secara efektif. Karena akan ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi oleh karyawan yang bekerja di coworking space, baik itu dari luar dan dalam.

Keuntungan Bekerja di Coworking Space

Kerja di coworking space akan memberikan berbagai keuntungan bagi tim dan perusahaan itu sendiri. Salah satu yang utama yaitu untuk membentuk komunikasi, serta turut untuk membantu memperluas jaringan.

Hal tersebut mengingat bahwa coworking space merupakan tempat berbagi untuk tim masing-masing perusahaan. Selama mau berbaur, tim atau karyawan akan saling berkenalan, sehingga dapat menambah relasi.

Manfaat yang dirasakan juga akan berdampak bagi perusahaan itu sendiri. Coworking space menawarkan harga yang lebih bersahabat, sehingga dapat menghemat pengeluaran yang sudah dibeli dari atas.

Selain itu, ada manfaat lain yang bisa dirasakan apabila bekerja di coworking space. Selain menambah pengalaman untuk bekerja di ruangan yang berbeda, coworking space akan menguntungkan dari segi aspek:

  • Fleksibilitas. Berbeda dengan ruang kerja kantor, coworking space memberikan ruang yang lebih fleksibel bagi karyawan. Karyawan akan merasa lebih leluasa dalam melaksanakan tugas yang diberikan, dan bagaimana mengerjakannya.
  • Kolaborasi. Kesempatan yang dapat dirasakan karyawan di coworking space yaitu peluang untuk melakukan kolaborasi. Hal ini akan memberikan kesempatan karyawan untuk memperluas jaringan relasi.
  • Akses Fasilitas. Coworking space akan memberikan jangkauan ke berbagai alat secara komprehensif. Karyawan dapat menggunakan fasilitas untuk mempermudah tugas yang diberikan perusahaan.

Mengelola Karyawan untuk Komunikasi dan Kolaborasi Efektif

Pada dasarnya, coworking space akan mengajak tiap karyawan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi. Akan tetapi, perlu diketahui jika setiap karyawan memiliki sifat dan perilaku yang dapat menjadi tantangan.

Untuk dapat memastikan komunikasi dan kolaborasi yang efektif di coworking space, perusahaan perlu turut andil dalam tantangan ini. Salah satu hal yang dapat dilakukan tairu dengan cara mengelola karyawan.

Perusahaan dapat menyelenggarakan event sosial untuk menciptakan rasa komunitas pada setiap karyawan. Event ini bertujuan untuk melatih kemampuan bekerjasama dalam tim, serta mempererat hubungan sesama.

Dengan adanya rasa komunitas ini, karyawan yang akan bekerja di coworking space akan lebih terbiasa untuk saling komunikasi. Tidak hanya untuk tim sendiri, namun karyawan juga dapat mengajak tim lainnya.

Sebagai tambahan, perusahaan juga dapat memanfaatkan alat komunikasi digital untuk mempermudah komunikasi karyawan. Misalnya ketika ingin menyelaraskan tujuan proyek, serta mengatur pertemuan reguler.

Dengan ini, karyawan akan mampu bekerja lebih efektif, karena dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mudah. Kemudahan ini juga mendorong karyawan untuk mengerjakan banyak proyek nantinya.

Pengaturan Privasi dan Kemanfaatan Bersama

Mengingat bahwa coworking ruang kerja bersama perusahaan lain, maka privasi juga akan menjadi tantangan berikutnya. Setiap perusahaan tentu memiliki informasi atau data yang bersifat rahasia atau non-publik.

Masalah ini tentu dapat diatasi, apabila perusahaan menggunakan ruang kerja yang lebih tertutup dan mengedepankan privasi. Namun pada konteks ini, coworking space merupakan ruangan yang terbuka.

Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mengelola keamanan data perusahaan? Untungnya, masih ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menghadapi tantangan ini, yaitu:

  • Memilih area yang lebih tertutup. Misalnya bagian yang memiliki dinding atau bagian sekat yang dapat menghalangi penglihatan sisi luar. Karyawan juga dapat membawa foldable wall untuk menutupi area yang menjadi tempat bekerja.
  • Memanfaatkan digital security. Karyawan dapat membagikan data menggunakan layanan berbasis cloud. Pada perangkat yang digunakan, juga dapat memakai password manager untuk mempermudah pengelolaan password.
  • Melatih karyawan untuk menjaga rahasia perusahaan. Tidak hanya sekedar faktor luar, namun faktor dalam seperti karyawan itu sendiri juga perlu menjaga privasi perusahaan. Perusahaan juga perlu memastikan karyawan yang dipilih dapat dipercaya.
  • Memilih coworking space yang mengedepankan privasi. Belakangan ini ada teknologi yang dinamakan dengan Casper Cloaking Technology. Berbagai coworking space juga mulai menggunakan inovasi ini untuk menciptakan area privasi.

Pengelolaan Karyawan dalam Kinerja dan Dukungan

Dalam mengelola karyawan, perusahaan juga dapat memberi dukungan untuk meningkatkan kinerja setiap karyawan. Sudah merupakan hal penting bagi perusahaan untuk dapat mempertahankan kinerja tersebut.

Coworking space pada dasarnya sudah mampu meningkatkan produktivitas dan motivasi para karyawan. Akan tetapi, dibutuhkan keahlian dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) untuk memastikan bahwa karyawan merasa mereka dihargai dan mendapatkan lingkungan kerja yang produktif.

Lalu, bagaimana perusahaan dapat mengatur kinerja karyawan yang bekerja di coworking space? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pihak perusahaan untuk dapat mengatur kinerja karyawan, yaitu dengan upaya berikut:

  • Menggunakan alat untuk memantau kinerja karyawan. Misalnya dengan menggunakan chat program untuk berkomunikasi dengan setiap karyawan. Untuk meeting tertentu, perusahaan dapat menggunakan aplikasi meeting tanpa tatap muka.
  • Mengatur target yang akan dicapai untuk karyawan. Perusahaan perlu mengetahui seberapa mampukah kinerja atau performa dari setiap karyawan. Hal ini dilakukan untuk mencegah karyawan yang stres, sehingga dapat mengurangi produktivitas. Bila mencapai target, pastikan untuk memberikan bonus gaji atau mungkin cuti sebagai penghargaan.
  • Memberikan dukungan kepada karyawan sesuai kebutuhan. Perusahaan dapat membuat acara atau makan bersama untuk melegakan kondisi karyawan. Ini juga merupakan dukungan emosional dari perusahaan untuk memastikan kinerja karyawan tetap baik.

Fleksibilitas dan Adaptabilitas

Coworking space bisa dikatakan dunia baru bagi karyawan, yang belum merasa familiar akan lingkungan tersebut. Adanya adaptabilitas akan dibutuhkan agar karyawan mampu bekerja dalam coworking space.

Selain itu, perusahaan juga akan menghadapi beberapa tangan lainnya saat mengelola karyawan dalam lingkungan coworking space. Beberapa tantangan diantaranya yang perlu dipelajari adalah sebagai berikut:

  • Gangguan saat bekerja. Misalnya dari suara keramaian yang cukup mengganggu konsentrasi para karyawan yang bekerja di coworking space. Ini merupakan hal umum terjadi di lingkungan kerja terbuka seperti coworking space.
  • Kenyamanan tiap karyawan. Tingkat kenyamanan karyawan saat bekerja di coworking space akan tergantung dari ruang yang dipilih perusahaan. Rasa tidak nyaman tentu akan berdampak buruk pada kinerja dan performa para karyawan.
  • Distraksi dari faktor eksternal. Dengan coworking space yang lebih leluasa, kemungkinan dapat memberikan karyawan kelonggaran untuk berinteraksi dengan hal lain. Perusahan perlu memastikan karyawan tetap fokus dengan pekerjaannya.

Karena itu, tantangan untuk mengelola karyawan agar beradaptasi di coworking space dinilai cukup berat. Perusahaan akan memerlukan strategi yang fleksibel agar memastikan adaptabilitas karyawan tetap terjaga.

Adapun tips yang dianjurkan untuk perusahaan adalah dengan memberikan edukasi kepada karyawan mengenai coworking space. Upaya seperti memberi pelatihan akan dapat meningkatkan adaptabilitas karyawan.

Karyawan baru memulai bekerja di coworking space juga akan perlu dibina hingga mampu beradaptasi. Dengan begitu, karyawan akan dapat mengerjakan tugasnya dengan baik, tanpa terganggu oleh sekitar.

Jika disimpulkan, mengelola karyawan dalam coworking spaces memang bukan hal yang mudah. Perusahaan akan selalu memerlukan strategi yang berubah-ubah seperti melakukan proses trial and error.

Maka begitu, perusahaan diharapkan dapat mengetahui apa itu coworking space, serta tantangan yang akan dirasakan. Coworking space dapat menumbuhkan tim yang baik selama dapat dikelola dengan baik juga.

Dapatkan pilihan untuk sewa coworking space yang sesuai dengan kebutuhan Anda, hanya di Workfrom.

Image

Atalya

Copywriter

Elevate Your Online Presence Now!

Tired of being invisible? Let our real estate marketing experts put your office tower on the map. More visibility. Better leads. Bigger sales. 

Talk to an Expert
Image

Talk with Us and Find the Ideal Strategy

We build a culture where client are welcomed to engage proactively in discussion to express their ideas, preferences, and feedbacks.

Image

Free Consultation

Image

Website Design Preferences

Image

Marketing Strategy Discussion

Office Phone

+62 21 39730083

Office Address

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

Workfrom is a real estate digital marketing agency specializing in office tower. We provide solution to enhance office tower online visibility through website creation, digital marketing, and lead management.

Image

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

Image

+62 21 39730083

ImageImageImageImageImage

Workfrom @2024. All rights reserved.